10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika yang Perlu Anda Ketahui

Mobile Programmer

Prospek kerja jurusan teknik informatika sesungguhnya sangat terbuka lebar, baik itu bagi lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) maupun lulusan jenjang universitas. Tidak dapat kita pungkiri bahwa di era digital ini, hampir semua sektor selalu berhubungan dengan teknik informatika atau dalam istilah lain disebut Ilmu Komputer. Dari perusahaan skala kecil hingga perusahaan raksasa, instansi pendidikan, serta instansi pemerintah semuanya berhubungan dengan teknik informatika. Jadi bagi Anda yang saat ini sedang menempuh studi di jurusan tersebut boleh berlega hati karena masa depan yang cerah tengah menanti Anda. Nah, berikut adalah prospek kerja jurusan teknik informatika yang tersedia untuk Anda:

Bagi Lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Prospek kerja jurusan teknik informatika bagi lulusan SMK (sekolah Menengah Kejuruan) umumnya adalah perusahaan-perusahaan besar yang sebelumnya telah bekerjasama dengan sekolah yang bersangkutan, misalnya saat magang kerja, studi banding, atau penelitian. Jadi biasanya perusahaan-perusahaan “memesan” lulusan SMK karena sudah mengetahui secara pasti kualitas para siswa SMK. Jurusan Teknik Informatika untuk lulusan SMK umumnya ditempatkan sebagai:

1.     Programmer

Programmer
Programmer

Profesi paling umum bagi lulusan teknik informatika adalah Programmer. Programmer terbagi atas Desktop Programmer, Web Programmer, serta Mobile Programmer. Seorang Web Programmer setidaknya harus menguasai level framework, sedangkan untuk Mobile Programmer harus menguasai Java, dan seterusnya. Untuk menjadi Programmer yang handal, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan ilmu yang didapat dari bangku sekolah saja, namun juga harus mengembangkan diri.

2.     Teknisi Komputer

Teknisi Komputer
Teknisi Komputer

Salah satu peluang kerja lulusan SMK jurusan teknik informatika adalah menjadi teknisi komputer, yang bertugas merakit komputer, membersihkan virus, melakukan instalasi program, dan lain sebagainya. Keahlian ini tentu sangat dibutuhkan ketika  Anda bekerja di perusahaan atau kantor.

Bagi Lulusan Universitas

Prospek kerja jurusan teknik informatika lulusan Universitas antara lain seperti berikut ini:

1.     Pengajar IT (Guru/Dosen/Instruktur)

 Pengajar IT
Pengajar IT

Sarjana lulusan Teknik Informatika bisa mengajar di sekolah-sekolah, di universitas, atau di lembaga pendidikan. Saat ini IT telah diperkenalkan sejak bangku Sekolah Dasar, maka dari jenjang inilah lulusan IT mulai mengajar.

2.     Mobile Programmer

Mobile Programmer
Mobile Programmer

Lulusan Teknik Informatika rata-rata telah mahir membuat program, salah satunya adalah membuat program untuk perangkat lunak pada android mulai dari nol. Seorang Mobile programmer harus menguasi bahasa pemrograman, khususnya pemrograman Java. Seiring dengan animo masyarakat yang lebih memilih menggunakan android daripada PC/desktop yang dinilai lebih efektif, maka peluang untuk menjadi mobile programmer pun saat ini lebih besar.

3.     Software Tester

Software Tester bertugas melakukan pengujian perangkat lunak dan bertanggung jawab terhadap kebenaran serta fungsi dari perangkat lunak yang dibuatnya.

4.     Software Engineer

Software Engineer
Software Engineer

Seorang Software Engineer memiliki kemampuan khusus untuk mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai keperluan yang bertujuan untuk mendukung pekerjaan. Untuk menjadi seorang Software Engineer yang handal, selain mahir dalam pengembangan perangkat lunak tentunya juga harus menguasai bahasa pemrograman. Dalam pekerjaannya, Software Engineer bekerja sama dengan Programmer yang bertugas  membuat program awal. Namun Software Engineer bisa pula merangkap sebagai Programmer.

5.     Intelligent System Developer

Intelligent System Developer
Intelligent System Developer

Salah satu profesi yang diminati oleh lulusan IT adalah menjadi Intelligent System Developer. Profesi ini terbilang sulit namun gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan.

6.     Computer Network/ Data Communication Engineer

Data Communication Engineer
Data Communication Engineer

Salah satu profesi yang bisa dicapai oleh lulusan IT adalah Computer Network/ Data Communication Engineer. Tugas profesi ini adalah merancang arsitektur serta membangun jaringan. Selain itu juga bertugas untuk melakukan perawatan serta pengelolaan jaringan suatu perusahaan/ bisnis.

7.     IT Consultant

 IT Consultant
IT Consultant

Untuk menjadi IT Consultant, Anda harus menguasai teori-teori teknologi, teknologi berbasis komputer, serta pemrograman. Profesi IT Consultant adalah memberikan konsultasi pada orang lain, antara lain memberikan rekomendasi dalam hal kebutuhan sistem program aplikasi pada perusahaan/ kantor.

8.     System Analyst System Integrator

Analyst System Integrator
Analyst System Integrator

System Analys atau sering juga disebut system integrator bertugas menganalisa sistem yang akan dibuat, antara lain melakukan interaksi dengan kliens mengenai kebutuhan perangkat software maupun hardware, melakukan interaksi dengan designer dalam membuat rancangan User Interface, melakukan interaksi dengan programmerdalam pembuatan program perangkat, serta melakukan dokumentasi terhadap program yang dibuat. Untuk menjadi profesi ini, Anda harus memiliki keahlian analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal.

Lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan pada era yang serba digital ini. Berbagai profesi tersedia di perusahaan swasta, institusi pendidikan maupun instansi pemerintah. Nah, melihat prospek kerja jurusan teknik informatika yang demikian luas, mungkin Anda tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan tersebut dan siap menjadi ahli IT Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *