9 Trend Teknologi Informasi Paling Strategis di Tahun 2017

Advanced Machine Learning

Telah tercatat beberapa trend teknologi informasi paling strategis di tahun 2017. Hal ini diprediksikan oleh  Gartner, sebuah perusahaan riset teknologi informasi terkemuka dunia pada acara Gartner Symposium di Orlando. Strategis dalam kalimat ini artinya mempunyai potensi yang signifikan untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

Artificial Intelligent and Advanced Machine Learning

Advanced Machine Learning
Advanced Machine Learning

Gartner memperkirakan bahwa AI dan Machine Learning akan menjadi salah satu trend teknologi informasi paling strategis di tahun 2017. Teknologi ini sebagian besar akan dipergunakan pada robot, elektronik bagi konsumen, kendaraan mandiri, smart advisors serta virtual personal assistants. Machine Learning adalah kelanjutan dari Artificial Intelligent (AI) yang meliputi sistem  yang lebih canggih sehingga mampu memahami, memprediksi, mempelajari, menyesuaikan diri serta mampu melakukan operasional secara mandiri.

Machine Learning ini diperkirakan dapat melakukan perubahan pada perilaku masa mendatang seperti penciptaan perangkat serta program-program cerdas lainnya. Dalam kurun waktu 10 tahun mendatang seluruh aplikasi serta layanan diprediksi akan mempergunakan teknologi ini dan memperluas penerapannya.

Intelligent Apps

Salah satu contoh dari Intelligent Apps adalah adanya virtual assistance dengan fasilitasnya yang membuat hidup menjadi lebih mudah. Dengan adanya Intelligent Apps, diperkirakan akan mempermudah kinerja di kantor. Karyawan menjadi lebih mudah dalam aktivitas sehari-hari. Intelligent Apps ini termasuk teknologi yang mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning.

Intelligent Things

Intelligent Things akan menjadi salah satu trend teknologi informasi paling strategis di tahun 2017. Diperkirakan akan diterapkan  pada perangkat, antara lain kendaraan mandiri, drone, serta smart appliances. Sebagaimana  Intelligent Apps, Intelligent Things ini juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning.

Digital Twin

Digital Twin
Digital Twin

Teknologi ini mengacu pada perangkat lunak dengan sistem serta fisik yang lebih dinamis. Data-data akan disediakan oleh sensor agar memahami situasi, merespon adanya perubahan, menambah nilai serta meningkatkan operasi. Teknologi ini sebagian besar dipergunakan dalan merencanakan jasa, perbaikan peralatan operasional perusahaan, serta peningkatan efisiensi.

VR and AR (Virtual Reality and Augment Reality)

Kemampuam Virtual Reality dan Augment Reality akan bergabung bersama keterhubungan digital sehingga membentuk suatu sistem yang lebih baik. Teknologi ini baru saja tercipta, dan saat ini sebagian besar digunakan untuk bisnis retail dan juga Digital Marketing, dan diperkrakan akan terus mengalami perkembangan yang mana puncaknya akan terjadi pada tahun 2021 yang akan datang. Blockchain

Ini merupakan sebuah buku besar yang mana publik bisa mengaksesnya. Blockchain memiliki jaringan Bitcoin yang akan menyajikan seluruh data transaksi yang pernah dilakukan. Selanjutnya, ke depan Blockchain akan melakukan penggabungan beragam proses yang meliputi database, middleware, keamanan, identitas, manajemen keuangan serta analisis Artificial Intelligent.

Conversational System

Teknologi ini mengadopsi chatbot, yakni sebuah program komputer yang berfungsi untuk mensimulasi pembicaraan maupun komunikasi secara interaktif terhadap users dalam bentuk teksm visual maupun suara.

Mesh App and Service Architecture

Service Architecture and ioT
Service Architecture and ioT

Tim aplikasi perlu menciptakan arsitektur modern baru dalam rangka menyajikan kinerja aplikasi lebih cepat, dinamis serta fleksible. Untuk itulah dibutuhkan Mesh App and Service Architecture yang berfungsi untuk memberikan keseimbangan permintaan serta layanan yang lebih stabil. Mesh Apps and Service Architecture meliputi web, destop, mobile serta aplikasi IoT akan terjalin.

Digital Technology Platforms

Teknologi ini bisa diibaratkan merupakan pondasi sebuah bangunan. Begitu pula jika dikaitkan dengan bisnis digital, bisa disebut sebagai pondasi bisnis. Sebuah perusahaan tentu mempunyai 5 fokus penting, yakni information systems, customer experience, IoT, analystic and intelligence, dan bussiness ecosystems. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perusahaan harus melakukan identifikasi bagaimana agar platforms industri bisa berkembang, dan selanjutnya membuat perencanaan strategi bagaimana mengembangkan platform sehingga dapat menghadapi tantangan bisnis digital.

Adaptive Security Architecture

Adaptive Security Architecture
Adaptive Security Architecture

Perkembangan Internet of Thing  (IoT) serta teknologi canggih lainnya perlu diimbangi dengan adanya sistem keamanan yang baru. Dalam hal ini sistem keamanan di IoT tergolong tantangan yang besar karena Mesh Digital dan Digital Technology Platform akan banyak mendapat serangan dari peretas. Maka teknologi keamanan digital sangat perlu digunakan untuk mengamankan platforms dari IoT.

Demikian mengenai trend teknologi informasi paling strategis di tahun 2017. Maka perusahaan disarankan untuk segera melakukan transfornmasi digital agar tidak mengalami ketertinggalan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *