Cara Deteksi Pelanggaran Data

Isi Kejahatan Cyber

Semakin meningkatnya frekuensi ancaman terhadap data penting perusahaan atau instansi, membuat kewaspadaan semakin ekstra ketat. Perusahaan harus mengetahui beberapa cara deteksi pelanggaran data penting mereka secara cepat dan tepat. Berbagai informasi yang sering menjadi incaran antara lain data kependudukan, informasi mengenai keuangan, data pemerintahan, properti intelektual, penawaran kompetitif, dan lain sebagainya.

Penyerang menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, yakni melakukan hack pada akun pengguna, pencurianmedia, serta serangan yang tergolong canggih yang disebut Advanced Persistent Threat (APT). Oleh karena itu keamanan dan compliance memerlukan pertahanan yang kuat, sistem keamanan yang berlapis-lapis, kontrol pencegahan serta cara deteksi pelanggaran data.

Cyber Security (Keamanan Cyber)

Cyber Security
Cyber Security

Perusahaan membutuhkan Cyber Security yang benar-benar ahli dalam menghadapi serangan cyber yang semakin hari semakin mengalami peningkatan dan semakin canggih. Cyber Security harus handal dalam memahami lingkungan cyberthyreat, mampu mendeteksi pelanggaran data secara cepat dan pastikan mampu mengalahkannya. Salah satu cara untuk mendapatkan Cyber Security yang dimaksud adalah dengan bekerjasama dengan outsourcing penyedia jasa keamanan infrastruktur IT.

Update Terhadap Isi Kejahatan Cyber

Isi Kejahatan Cyber
Isi Kejahatan Cyber

Perlu untuk mengetahui siapa dalang yang melakukan penyerangan data penting perusahaan Anda serta apa motivasi mereka. Hal itu penting untuk membantu Anda menerapkan strategi yang tepat dalam menghadapinya. Dan berdasarkan riset, hackers tidak akan pernah menyerah dan terus berupaya dengan berbagai cara hingga mereka berhasil menembus jaringan perusahaan Anda.

Fakta menunjukkan bahwa terdapat lima program malware baru setiap detik. Untuk itu Cyber Security harus selalu meng-update metode baru dalam menghadapinya. Dengan cara seperti itu maka adanya pelanggaran dapat segera terdeteksi dan segera dapat menyelesaikan masalahnya sebelum timbul gangguan yang lebih berat.

Gunakan Peralatan Modern

Tim Cyber Security
Tim Cyber Security

Cara deteksi pelanggaran data berikutnya adalah dengan penggunaan peralatan modern. Di samping itu juga tetap harus menjaga sistem, server serta patch aplikasi. Penggunaan peralatan modern saat ini dirasa efektif karena telah menggunakan teknologi canggih, mendeteksi pelanggaran dan selanjutnya melakukan serangan balik.

Penggunaan peralatan modern juga lebih efektif karena akan mengumpulkan data, mengkonsoldasikan serta menyajikan data peristiwa secara otomatis dan mudah dipahami. Ini akan menghemat waktu bagi Tim Cyber Security dalam menyelesaikan permasalahan.

Meningkatkan Intelejen Ancaman Global

Cybercrime tidak bisa dihadapi seorang diri saja, namun Anda perlu melibatkan intelijen organisasi lain dari berbagai penjuru dunia. Dengan cara ini maka pelanggaran terhadap data dapat segera terdeteksi.

Data dari The SANS State of Cyber Threat Intelligence Survey menemukan sebuah perusahaan yang menggunakan pengalaman intelligent Cyber memperoleh beberapa keuntungan: melihat peningkatan visibilitas menjadi ancaman baru, mengurangi insiden melalui deteksi lebih dini serta pencegahanmya, memperoleh waktu respon yang lebih cepat serta akurat dan membantu mendeteksi ancaman yang tidak diketahui.

Melakukan Real Time Monitoring bagi Keseluruhan Prioritas

Real Time Monitoring
Real Time Monitoring

Dalam rangka mendeteksi serta menyelidiki insiden keamanan secara lebih efisien, analisis keamanan membutuhkan visibilitas penuh terhadap log serta peristiwa pada infrastruktur, aplikasi, serta pada sistem keamanan yang mendasarinya. Selain itu juga diperlukan kontrol yang efektif bagi gateway mitra maupun pemasok.

Ketika berhadapan dengan perangkat lunak yang akan merusak, visibilitas secara langsung terhadap segala yang terjadi pada setiap host tertentu menjadi hal yang begitu penting. Peralatan yang dipergunakan untuk mendeteksi pelanggaran  harus memprioritaskan pada peringatan serta memudahkan analisis agar memvisualisasikan keseluruhan konteks setiap kampanye serangan secara cepat.

Lakukan Pemantauan ke Seluruh Serangan

Produk yang dipergunakan untuk mendeteksi malware konvensional hanya memberikan visibilitas ancaman secara point – in – time. Ini akan menghasilkan notifikasi ketika terjadi peristiwa individual. Namun seringkali menyebabkan jumlah yang tidak relevan. Penyerangan cyber modern umumnya terjadi dalam kurun waktu lama dan terus berlanjut hingga sulit terdeteksi. Maka dari itu perlunya melakukan pemantauan ke seluruh jaringan menggunakan alat yang lebih canggih.

Pelatihan pada Pegawai secara Berkala

Tim keamanan perusahaan harus selalu mengikuti perkembangan dan termasuk di dalamnya adalah melatih para pegawai administrasi serta pengguna lain sehingga mereka bisa mengidentifikasikan serta melaporkan tanda-tanda awal serangan.  Nah, inilah strategi demi meningkatkan keamanan infrastruktur IT di dalam era digital seperti sekarang ini.

Cara deteksi pelanggaran data secara cepat sangat diperlukan melihat semakin banyaknya penyerangan yang terjadi. Untuk itu perlu adanya teknologi untuk melawan cybercrime secara efektif. Perusahaan harus terus mengikuti perkembangan teknologi, selalu update  serta menerapkan peralatan yang canggih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *