Cara Memilih Cloud Backup untuk Kebutuhan Bisnis

cloud backup

Bagaimana cara memilih cloud backup untuk kebutuhan bisnis Anda? Mungkin pertanyaan tersebut selalu ada dalam pikiran Anda yang saat ini tengah menapaki bisnis dan belum mengerti tentang cloud backup. Cloud backup diperlukan oleh para pengusaha sebagai sarana pencadangan online bagi infrastruktur operasional IT suatu perusahaan/bisnis. Pengusaha harus tahu bagaimana memilih cloud backup yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis agar tidak terjadi resiko teknis serta pemborosan biaya.

Sesuaikan Kapasitas Penyimpanan dengan Kebutuhan

cloud backup
cloud backup

Dalam memilih cloud backup untuk kebutuhan bisnis harus menyesuaikan kapasitas penyimpanan dengan kebutuhan. Hal ini tentu saja dapat menghemat anggaran keuangan perusahaan. Jangan sampai banyak ruang yang terbuang namun perusahaan harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Cari Informasi Infrastruktur Data Center

Infrastruktur Data Center
Infrastruktur Data Center

Langkah berikutnya dalam memilih cloud backup untuk kebutuhan bisnis adalah mencari informasi infrastruktur data center. Perhatikan dengan cermat uptime serta SLA (jaminan ketersediaan layanan). Adalah hal yang sangat mengecewakan apabila Anda sedang butuh replikasi atau pun akses data tetapi tidak dapat Anda lakukan karena data center cloud mengalami downtime. Itulah mengapa Anda sangat perlu utuk memperhatikan sertifikasi data center yang akan Anda pergunakan sebagai infrastruktur cloud backup.

Perhatikan Teknologi Cloud serta Keamanan

Teknologi Cloud serta Keamanan
Teknologi Cloud serta Keamanan

Salah satu hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam memilih cloud backup adalah mengenai teknologi cloud serta keamanan. Ingatlah bahwa ancaman cyber bisa membahayakan bisnis Anda. Salah satu contoh, ransomware dapat mengubah tanda tangan digital setiap beberapa detik saja. Maka seluruh data yang Anda backup harus benar-benar bebas dari infeksi. Untuk itu dapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari provider cloud backup bagaimana cara mereka dalam mengatasi serangan ransomware serta DDos. Sama seperti serangan ransomware, serangan DDos pun tidak dapat diabaikan karena bisa membuat biaya bandwidth menjadi lebih besar.

Perhatikan Fleksibilitas serta Skalabilitas

Pilih cloud backup yang bisa memberikan fleksibilitas secara cepat sesuai dengan kebutuhan ruang penyimpanan milik Anda. Hal ini perlu Anda lakukan meskipun tidak semua pengusaha dapat mengukur kebutuhan penyimpanan mereka secara mudah.

Perhatikan Frekuensi Backup

Frekuensi Backup
Frekuensi Backup

Anda akan dihadapkan pengerjaan file dan memperbaharui informasinya setiap hari. Untuk itu Anda butuh versi terbaru yang selalu dicadangkan. Penyedia layanan cloud backup akan menyediakan berbagai layanan yang bervariasi. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Cari informasi yang seluas-luasnya.

Perhatikan Masalah Keamanan

cloud securty
cloud securty

Anda perlu memperhatikan mengenai seberapa amankah data Anda? Cyber Crime selalu meningkatkan teknik kejahatannya sehingga semakin hari teknologi mereka terlihat semakin canggih. Untuk itu Anda harus memperoleh informasi dari provider cloud backup mengenai bagaimana upaya mereka dalam melindungi data Anda.

Menurut standar keamanan, setidaknya data Anda diamankan dengan enkripsi 256-bit ketika istirahat serta selama transit (dalam penyimpanan dan ketika dikirim dan dari server). Perhatikan pula apakan data center yang akan Anda gunakan telah memiliki sertifikasi ISO 27001 atau belum.

Dukungan Server

Ketika menggunakan layanan backup secara online berarti Anda telah mempercayakan operasional bisnis Anda pada pihak ketiga sebagai provider. Anda harus memilih cloud backup provider yang mendukung server, artinya provider yang bertanggung jawab ketika terjadi sesuatu yang tidak beres atau ketika Anda butuh bantuan. Carilah provider yang bisa dihubungi melalui beberapa saluran, yaitu telepon, email, whatsapp, chat, atau pun media sosial.

Harga

Layanan cloud backup menyediakan harga yang sangat bervariasi. Umumnya, harga berdasarkan pada kapasitas penyimpanan serta fitur yang disediakan, yang akan ditagih pembayarannya secara rutin setiap bulan atau setiap tahun. Terdapat paket cloud backup termurah seharga Rp 10 juta per tahun dengan kapasitas penyimpanan sebesar 250GB, database, server fisik dan virtual, aplikasi langsung serta fitur lanjutan lainnya. Ada pula yang menawarkan harga sebesar Rp 2500 per 1GB. Nah, dengan harga yang bervariasi ini diharapkan Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget perusahaan Anda.

Demikian beberapa hal penting yang perlu Anda terapkan ketika akan memilih cloud backup untuk kebutuhan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *