Cara Mengatur IP Address Pada Jaringan LAN

Cara Mengatur IP Address

Bagaimana cara mengatur IP address pada jaringan LAN agar bisa melakukan komunikasi dan bertukar informasi? Nanti akan ada penjelasan mengenai hal tersebut namun Anda sebelumnya perlu tahu mengenai pengertian IP Address, yakni alamat berupa identitas numerik yang terdapat pada perangkat komputer sehingga komputer tersebut dapat melakukan komunikasi dengan komputer lainnya.

Penjelasan IP Address

 IP Address Pada Jaringan LAN
IP Address Pada Jaringan LAN

Alamat atau identitas yang disebut sebagai IP address berupa nomer sejumlah 4 blok bilangan desimal dengan nilai yang dibatasi, mulai dari angka 0 hingga 255. IP address berupa nomor yang unik yang berbeda dari yang lain dan terdapat pada Interface jaringan dalam komputer, jadi bukan pada unit komputernya. Dan pada tiap komputer kemungkinan bisa memiliki dua interface jadi secara otomatis terdapat dua IP Address pula.

Bentuk dari IP Addess berupa bilangan desimal namun sesungguhnya adalah bilangan biner sehingga mudah diingat. Misalnya jika tertulis IP Address 192.168.1.1 maka sesungguhnya adalah angka 11000000.10101000.00000001.00000001

IP Address kebanyakan menggunakan versi 4, namun sesungguhnya telah ada versi terbaru yakni IP address versi 6. Letak perbedaannya adalah pada jumlat bit. Pada IP Address versi 4 (Ipv4) terdiri dari 32 bit biner sedangkan pada IPv6 terdiri dari 128 bit. Jadi secara keunikan Ipv6 lebih unik dari IPv4 karena tediri dari jumlah angka yang lebih besar, namun ada pula sisi kelemahannya yakini sukar dihafal.

IP Address terbagi dalam beberapa kelas, menurut jumlah Network serta Hostnya. Ada kelas A, B, serta C. Kelas C merupakan yang seriing dipergunakan pada jaringan lokal, sebab terdiri dari juumlah host yang sedang, artinya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, yakni 254 host, yang nilainya adalah 192.0.0.0 hingga 223.255.255.255. Pada jaringan lokal akan banyak terdapat IP 192.168.00 hingga 192.168.255.255 yang termasuk dalam kelas C.

Network dan Host

Sebelum membahas cara mengatur IP address pada jaringan LAN, Anda harus memahami mengenai Network dan Host karena keduanya berhubungan dengan IP address. Network dan Host merupakan bagian dari IP Address yang mana itu menunjukkan alamat dari komputer pada sebuah jaringan. Maka sehubungan dengan hal tersebut, terdapat beberapa aturan main, yakni:

  • Kesamaan pada seluruh alamat network apabila menginginkan komputer saling terkoneksi tanpa router.
  • Pada sebuah network tidak diperbolehkan terdapat host yang nilainya sama.

Cara Mengatur IP Address Agar Terhubung ke Internet

Cara Mengatur IP Address
Cara Mengatur IP Address

Cara mengatur IP address pada jaringan LAN dapat dilakukan secara manual. Hal tersebut berhubungan dengan OS (Operation System) yang dipergunakan antara lain Windows XP, Win 7 atau Vista.

  • Windows XP
  1. Kilk pada tombol Start yang terdapat pada Windows Taskbar, lalu klik Control Panel.
  2. Kili kanan atau klik sebanyak dua kali pada ikon Local Area Connection. Selanjutnya pada Tab General klik dua kali bagian Local Area Connection Properties, lalu klik dua kali pada Internet Protocol TCP/IP.
  3. Klik Use the following IP address, selanjutnya usulah kolom IP address menggunakan range IP address 192.168.2.2 – 254 (apabila Anda mempergunakan router Edimax), Subnet mask 255.255.255.0 serta Default gateway 192.168.2.1 (default IP address router Edimax).Selanjutnya pilihlah Use the following DNS server addresses yang mana untuk cara pengisiannya mengacu pada DNS yang berasal dari ISP yang Anda pergunakan. Setelah itu klik OK.
  • Windows Vista dan Windows 7
  1. Klik tombol Start pada Windows Taskbar, lalu ketikkan ncpa.cpl pada kolom, selanjutnya tekan Enter yang terdapat pada keyboard.
  2. Klik kanan pada Local Area Connection selanjutnya klik Properties.
  3. Klik dua kali pada Tab Network, pada Local Area Connection Properties. Selanjutnya klik dua kali pada Internet Protocol TCP/IP.
  4. Pilihlah Use the following IP address, selanjutnya isilah kolom IP address menggunakan range IP address 192.168.2.2 – 254 (Apabila Anda mempergunakan router Edimax), Subnet mask 255.255.255.0 serta Default gateway 192.168.2.1 (default IP address router Edimax). Barulah selanjutnya Anda pilih Use the following DNS server addresses yang mana cara pengisiannya juga mengacu dari ISP (Internet Service Provider) yang Anda pergunakan.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatur IP address pada jaringan LAN. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *