Era Revolusi Digital dan Dampaknya bagi Kehidupan Manusia

World Wide Web

Revolusi Digital merupakan perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog menuju ke teknologi digital. Perubahan tersebut sudah terjadi sejak era 1980-an dan terus berlanjut hingga sekarang ini dan membuat perubahan yang besar di seluruh dunia. Revolusi Digital ini pada aknirnya telah mengubah perspektif seseorang dalam menjalani kehidupan yang serba modern dan canggih ini.

Perkembangan Teknologi Komputer

teknologi-komputer
teknologi-komputer

Salah satu revolusi digital terbesar adalah perkembangan teknologi komputer. Komputer merupakan perangkat dengan sistem elektronik yang dirancang untuk memanipulasi data  secara cepat dan tepat, menerima dan menyimpan data input secara otomatis, memproses data, serta menghasilkan output menurut instruksi-instruksi program dan tersimpan dalam sistem memori. Pengolahan data menggunakan komputer disebut Elektronik Data Processing (EDP) atau Pengolahan Data Elektronik (PDE).

Penemuan komputer terjadi pada 5000 tahun yang lalu di Babilonia (Irak). Komputer pada saat itu masih berupa alat hityung biasa tanpa listrik, barulah pada era tahun 1940-an digunakan komputer elektrik. Teknologi komputer terus berkembang hingga dekade 1980-an dan hingga saat ini.

World Wide Web (WWW)

World Wide Web
World Wide Web

Awal muda digunakannya Web bermula di kota Geneva, antara perbatasan Perancis dan Swiss. Web digunakan oleh CERN, yakni suatu organisasi di Eropa yang beranggotakan 18 negara Eropa. Pada tahun 1990-an Berners Lee dan penelti lainnya mengusulkan distribusi informasi di internet. Lalu dibuatlan Web Browser, hingga pada tahun 1992 mulai dirilis World Wide Web (WWW). Terciptanya WWW kemudian diikuti dengan banyaknya bisnis website di internet. Dan akhirnya pada tahun 1999, sebagian besar negara di dunia sudah mempunyai jaringan, dan lebih dari separuh warga Amerika telah menggunakan internet secara rutin.

Teknologi Telepon Seluler 

Teknologi Telepon Seluler
Teknologi Telepon Seluler

Siapa yang tidak kenal telepon seluler. Alat komunikasi tersebut ditemukan oleh Martin Cooper. Mula-mula merupakan alat komunikasi sederhana, namun pada produksi selanjutnya telepon seluler mulai dilengkapi dengan headset. Telepon seluler terus mengalami peningkatan mengenai teknologi yang semakin canggih, beratnya yang semakin ringan sehingga mudah dibawa, baterainya yang semakin tahan lama, desain yang semakin menarik, dan sebagainya.

Situs Jejaring Sosial       

jejaring sosial
jejaring sosial


Situs jejaring sosial merupakan web berbasis pelayanan yang dirancang sedemikian rupa yang memungkinkan para penggunanya untuk menyajikan profil, membuat status, menggunggah kegiatan sehari-hari, menyaksikan profil teman, mengundang teman, bahkan menjalin interaksi dengan pengguna lain di seluruh dunia. Situs Jejaring sosial mulai muncul pada tahun 1997 secara sederhana dan berdasar kepercayaan antar teman dekat. Lalu pada era tahun 2000-an muncullah Friendster yang selanjutnya disusul dengan MySpace, Facebook, Twitter, Two, Instagram, LinkedIn, dan sebagainya. Munculnya Situs Jejaring Sosial banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia, namun diikuti pula dengan dampak negatif, antara lain spamming, pornografi, dan cyber crime.

Teknologi Digital                                                                                               

Revolusi digital juga merambah ke teknologi digital yang saat ini telah berhasil membuat perubahan besar  kehidupan manusia di seluruh dunia. Berbagai macam teknologi digital bermunculan, dan setiap orang bebas mengakses tanpa batas. Salah satu teknologi digital yang sangat digemari berbagai kalangan adalah game online. Setiap orang bisa memainkannya dan dapat berhubungan secara langsung dengan pengguna lain di seluruh dunia. Game online memang sangat menarik karena memberikan semacam reward, bahkan beberapa diantaranya juga memberikan hadiah berupa uang yang bisa dicairkan.

Konversi Teknologi

analog to digital
analog to digital

Konversi Teknologi  terjadi  antara lain; perkembangan Compact Disc ke Mp3, VHS tape recorder ke DVD, telepon umum ke telepon seluler, Mail ke email, Analog penyiaran ke penyiaran digital, dan analog fotografi ke fotografi digital.

Harus kita akui bahwa kemunculan era digital telah memberikan banyak dampak posifif bagi umat manusia. Secara garis besar, lahirnya digital membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, misalnya komunikasi dan pekerjaan. Revolusi digital telah mengubah cara berpikir dan cara berinteraksi bagi individu maupun perusahaan, dimudahkan dalam berinteraksi dan bersosialisasi. Perusahaan dimudahkan dalam hal interaksi dengan kolega dalam rangka peningkatan produksinya. Namun dibalik manfaat yang demikian besar, kita semua harus waspada karena dampak negatif pun juga tak kalah besar, karena kemudahan akses di internet memunculkan berbasgai bentuk kejahatan dunia maya (cyber crime).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *