Fungsi Sertifikasi di Bidang IT dalam Dunia Kerja

Sertifikasi di Bidang IT

Fungsi sertifikasi di bidang IT sesungguhnya begitu penting sebagai pembuktian secara legal bahwa Anda benar-benar ahli dalam bidang IT. Pembuktian tersebut sebagai referensi ketika Anda masuk dalam dunia kerja. Meskipun Anda ahli dalam bidang IT namun jika tidak ada pembuktian yang menjelaskan mengenai keahlian Anda tersebut maka orang tidak akan mudah percaya, apalagi jika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan besar.

Fungsi sertifikasi di bidang IT juga akan Anda rasakan ketika Anda telah diterima bekerja. Anda tentu akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional sebagaimana keahlian yang Anda sandang. Selain itu karir dan pendapatan juga akan meningkat karena perusahaan pasti lebih menghargai profesi Anda. Anda juga akan mendapatkan pengakuan dari rekan-kerja seprofesi di perusahaan tempat Anda bekerja maupun dari perusahaan lain karena mereka menilai bahwa Anda berprestasi dan begitu berharga.

Fungsi dan Alasan Pentingnya Sertifikasi di Bidang IT

Sertifikasi di Bidang IT
Sertifikasi di Bidang IT
  1. Fungsi sertifikasi dalam bidang IT begitu penting yakni untuk menuju level ahli IT seperti yang diharapkan.
  2. Profesi bidang IT merupakan profesi dalam bidang jasa yang berdasarkan kepercayaan, jadi tanpa sertifikasi maka orang-orang tidak akan percaya mengenai keahlian Anda.
  3. Pemerintah ikut mengakui secara resmi mengenai tingkat keahlian seseorang dalam bidang IT.
  4. Timbul pengakuan dari organisasi profesi sejenis di level regional maupun internasional.
  5. Membuka lapangan kerja yang lebih luas pada seorang ahli IT
  6. Peningkatan jenjang karir yang jelas dan relatif lebih cepat berdasarkan pada keahlian yang dimiliki.

Jenis-Jenis Sertifikasi di Bidang IT

fungsi  Sertifikasi di Bidang IT
fungsi Sertifikasi di Bidang IT
  • CDP (Certified Data Processor)

Sertifikasi bagi para profesional yang mempunyai keahlian dalam orientasi pekerjaan di bidang pemrosesan data. Sertifikasi ini diberikan oleh ICCP (Institute for Certification of Computing Professionals).

  • CCP (Certified Computer Programmer)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian membuat program. Sertifikasi ini diberikan oleh ICCP (Institute for Certification of Computing Professionals).

  • CSP (Certified Systems Professional)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian  dalam bidang analis desain serta pengembangan komputer. Sertifikasi ini diberikan oleh ICCP (Institute for Certification of Computing Professionals).

  • A+ (Entry Level Computer Service)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian dalam bidang teknisi komputer. Sertifikasi ini diberikan oleh CompTIA (Institute for Certification of Computing Professionals).

  • Security+ (Computer and Information Security)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian dalam bidang  keamanan komputer. Sertifikasi ini diberikan oleh CompTIA (Institute for Certification of Computing Professionals).

  • Network+ (Network Support and Administration)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian dalam bidang jaringan komputer. Sertifikasi ini diberikan oleh CompTIA (Institute for Certification of Computing Professionals).

  • HTI+ (Home Technology Installation)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian dalam bidang instalasi hingga pemeliharaan dan teknisi home technology. Sertifikasi ini diberikan oleh CompTIA (Institute for Certification of Computing Professionals).

  • CCNA (Cisco Certified Networking Associate)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi komputer. Sertifikasi ini diberikan oleh CISCO.

  • CCNP (Cisco Certified Networking Professional)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian dalam teknik jaringan komputer tingkat lanjut yang sebelumnya telah memiliki sertifikat CCNA. Sertifikasi ini diberikan oleh CISCO.

  • CEH (Certified Ethical Hacker)

Sertifikasi bagi para profesional yang memiliki keahlian di bidang cyber securiry atau keamanan jaringan komputer. CEH akhir-akhir ini sangat populer dan sangat diminati karena lapangan kerjanya masih terbuka lebar dan gaji yang ditawarkanpun sangat besar. Pembelajaran dalam cyber security sangat unik, karena peserta akan dibimbing bagaimana menjadi seorang hacker (peretas), namun hacker di sini memiliki posisi sebagai petugas keamanan yang akan mengamankan sistem jaringan dari cyber crime. Sertifikasi ini diberikan oleh EC-Council.

Demikian mengenai pentingnya Fungsi sertifikasi di bidang IT dalam dunia kerja. Semoga bisa memberi gambaran bagi Anda yang saat ini tengah menempuh studi di jurusan IT dan memerlukan informasi mengenai sertifikasi IT serta manfaatnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *