Jangkauan dan Kecepatan Koneksi Fiber Optik

Fiber Optik

Fiber Optik merupakan saluran transmisi, yaitu sejenis kabel yang terbuat dari bahan kaca atau plastik berukuran sangat kecil, 120 mikrometer. Fungsi fiber optik adalah untuk mentransisikan sinyal cahaya dari suatu tempat menuju tempat lainnya.

Dalam dunia teknologi informasi, fungsi fiber optik adalah untuk memberikan layanan internet broadband paling cepat secara bersamaan yang mana pengguna dapat memperoleh beberapa layanan, yakni layanan internet, layanan telepon, maupun layanan video pada saat yang bersamaan dengan kecepatan hingga mencapai ratusan Mbps. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai jangkauan dan kecepatan fiber optik:

Keunggulan Fiber Optik

Fiber Optik
Fiber Optik

Sehubungan dengan jangkauan dan kecepatan fiber optik, koneksi fiber optik menurut teori tidak mempunyai batasan bandwidth karena mempergunakan jalur dedicated bandwidth data, yang maksudnya adalah kemampuannya dibatasi oleh kemampuan sarana dan prasarana pada titik-titik media terpadu. Maka inilah yang mengakibatkan koneksi fiber optik lebih unggul dengan menghasilkan kecepatan mencapai beberapa gigabits per second.

Fiber optik tidak akan mendapatkan masalah mengenai kepadatan spektrum karena bentuk kabelnya saling berdekatan pada tiap-tiap jalur lokasi dengan provider layanan pada pelanggan. Itulah mengapa fiber optik tidak akan mengalami masalah/gangguan walaupun terdapat peralatan elektromagnetik yang ada di sekitarnya, misalnya motor, radio, serta kabel-kabel transmisi lainnya.

Ketika kabel fiber optik dipasang maka dapat ditingkatkan performanya hanya dengan cara memperbaharui peralatan pada titik akhir.

Fiber optik memiliki sistem keamanan yang dapat diandalkan, yang sulit ditembus oleh peretas sehingga dapat mencegah terjadinya ancaman data hilang atau penyadapan illegal.

Karena koneksi fiber optik tidak mempunyai batasan bandwidth, maka kualitas pada seluruh layanannya mampu mendukung segala aplikasi telekomunikasi yang meliputi akses jaringan, distribusi jaringan, dan bahkan merupakan ujung tombak layanan di semua area.

Kelemahan Fiber Optik

Perlu perencanaan secara matang ketika akan membangun fiber optik karena biaya yang cukup besar. Selain itu juga perlu pemikiran mengenai bagaimana cara memperluas fiber optik pada masa mendatang ketika pada masing-masing titik awal belum terhubung serta tak mungkin untuk melakukan penambahan kabel fiber optik pada setiap titik di sepanjang jalur.

Biaya pemasangan fiber optik tergolong sangat besar, oleh karena itu perlu menyediakan dana sebagai persiapan  pembuatan jalur pada kedua tempat, selanjutnya pemasangan kabel, dan yang terakhir adalah  pemasangan peralatan transmisi. Selain itu wilayah geografis negara kita yang memiliki kontur yang bermacam-macam sehingga akan banyak kendala yang terjadi di bawah tanah.

kelemahan fiber optik
kelemahan fiber optik

Perlu penyediaan dana untuk keperluan pembuatan jalur pada kedua tempat yakni pembuatan tiang pembangunan, jalur pada kedua sisi serta penutupan konhstruksi. Selain itu juga dihadapkan pada mahalnya biaya pemeliharaan sambungan fiber optik. Mahalnya biaya pemeliharaan tersebut disebabkan karena penggunaan kabel fisik.

Fiber optik tergolong tidak fleksible karena sangat sulit diinstal.

Keunggulan Jangkauan serta Kecepatan Koneksi Fiber Optik

Jangkauan dan kecepatan koneksi fiber optik memang dapat diandalkan.  Fiber optik mampu menjangkau area hingga 2000 meter dengan menyediakan kecepatan serta kapasitas data mencapai lebih dari 1 Gbps tanpa adanya gangguan elektromagnetis. Itulah sebabnya, umumnya data center mempergunakan fiber optik sebagai jalur terbaiknya. Bahkan data center perlu menyediakan multi carrier network, yang mana memiliki arti bahwa data center bukan hanya tergantung pada satu penyedia fiber optik saja, dan data center ini disebut Network Neutral Data Center, yang bisa diandalkan untuk perusahaan-perusahaan besar.

Pilihan Pemasangan Fiber Optik

  • Fiber To The Home (FTTH), merupakan fiber optik untuk rumah-rumah pelanggan
  • Fiber To The Office (FTTO), merupakan fiber optik untuk perkantoran
  • Fiber TO tHe Building (FTTB), merupakan fiber optik untuk gedung-gedung
  • Fiber To The Curb (FTTC), merupakan fiber optik yang dibawa pada operator node yang berdekatan dengan pengguna.
  • Fiber To The Node (FTTN), merupakan fiber optik yang dibawa pada node paling dekat di sisi

Fiber Optik juga menyediakan layanan internet, yang dilaksanakan oleh beberapa ISP yang terkenal di Inhdonesia, antara lain Biznet, Firstmedia, Indihome, Indosat Ooredoo GIG, dan sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai jangkauan dan kecepatan koneksi fiber optik untuk Anda. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *