Kemenhub: Tidak Ada Larangan Bawa Laptop dan HP di Kabin Pesawat

Kementerian Perhubungan menegaskan tidak ada larangan penumpang membawa laptop dan handphone ke dalam kabin pesawat.

Namun, pemeriksaan terhadap laptop dan handphone dilakukan secara tersendiri. Yaitu dengan pemeriksaan X-ray atau manual.

Hal itu itu diungkapkan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menanggapi isu berita yang tidak benar mengenai pelarangan membawa laptop dan handphone di kabin pesawat.

“Kemenhub akan mengambil langkah hukum terkait dengan penyiaran informasi bohong melalui media sosial yang menyatakan bahwa Kemenhub melarang penumpang membawa laptop dan hp ke dalam pesawat”, ujar Agus, melalui akun Facebook resmi Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Minggu (2/4).

Seperti diketahui, tindakan pengamanan yang lebih ketat sebelumnya sudah dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat, Kanada dan Inggris, terhadap beberapa penerbangan maskapai tertentu dari bandara di negara tertentu di Timur Tengah dan Turki menuju bandara di Amerika Serikat, Kanada dan Inggris.

Pemerintah tiga negara ini melarang penumpang membawa laptop tablet dan barang elektronik lain yang ukurannya lebih besar dari ponsel ke kabin pesawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *