Manfaat Cloud Dalam Kehidupan Sehari-hari

cloud computing

Terdapat banyak manfaat cloud dalam kehidupan sehari-hari, namun intinya sistem cloud membuat hidup jadi terasa lebih mudah. Salah satunya adalah cloud computing. Cloud Computing merupakan  penggabungan dari pemanfaatan teknologi komputer pada sebuah jaringan dengan pengembangan yang berbasis pada internet. Itulah mengapa disebut cloud computing, yang mana secara bahasa artinya komputasi awan.  Selanjutnya program dan aplikasi akan dijalankan melalui komputer.

Sistem cloud sebagai basis teknologi komputer adalah teknologi di mana internet merupakan pusat server yang berfungsi sebagai tempat pengelolaan data serta aplikasi users. Teknologi tersebut membuat para users dapat  menjalankan program tanpa perlu adanya instalasi dan users juga bisa melakukan akses data pribadi melalui komputer, yang tentunya harus terkoneksi internet. Dan berikut adalah penjelasan mengenai manfaat cloud dalam kehidupan sehari-hari, khususnya cloud computing:

Manfaat Cloud Computing

cloud computing
cloud computing
  • Data dapat tersimpan secara terpusat pada server

Salah satu kelebihan dari teknologi cloud adalah data dapat tersimpan secara terpusat pada satu server berdasarkan layanan dari provider layanan cloud computing tersebut. Keuntungan lainnya adalah pengguna tak perlu lagi menyediakan infrastruktur, misalnya data center maupun media penyimpanan lainnya karena seluruhnya telah disediakan secara virtual.di melalui komputer

  • Keamanan data lebih terjamin

Manfaat cloud computing lainnya adalah terjaminnya keamanan data pengguna. Data-data penting seperti data-data pribadi dapat disimpan melalui server secara aman yang mana segala fasilitas telah disediakan oleh provider layanan cloud computing.

  • Fleksibilitas serta Skalabilitas yang tinggi

Salah satu manfaat cloud dalam kehidupan sehari-hari adalah kemudahan. Teknologi cloud memberikan fleksibilitas seperti mudahnya akses data dimana pun pengguna berada serta kapan pun akses dilakukan, namun harus tetap terkoneksi internet. Manfaat lainnya, pengguna bisa dengan leluasa meningkatkan atau pun menurunkan kapasitas ruang penyimpanan data sehingga pengguna tak perlu lagi membeli peralatan penyimpan data tambahan, misalnya harddisk. Dalam hal penyimpanan data, teknologi cloud juga dianggap lebih efektif karena tersimpan secara virtual, daripada tempat penyimpanan data fisik seperti harddisk atau flashdisk.

  • Investasi

Teknologi cloud akan menurunkan biaya dan merupakan investasi bagi perusahaan Anda. Contoh penghematan biaya misalnya pembelian harddisk, infrastruktur, dan lain sebagainya. Biaya royalti terhadap lisensi perangkat lunak juga pasti akan berkurang karena seluruhnya akan dijalankan melalui komputasi berbasis teknologi cloud.

Karena manfaatnya yang begitu besar maka teknologi cloud telah banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan IT kenamaan dunia, antara lain Google, Microsoft serta IBM. Google dalam aplikasinya yang bernama Google Drive, Microsoft dengan Windows Azure, dan IBM engan Blue Cord Initiative. Sementara itu di Indonesia, teknologi cloud banyak digunakan pada program kasir yakni digunakannya Point of Sale.

Perusahaan lain yang produknya dikembangkan dengan teknologi cloud adalah DealPOS melaui Point of Sale juga, sebagaimana pada program kasir. Cara kerjanya adalah mendistribusikan data-data penjualan toko retail yang mana data-data tersebut telah di-input oleh bagian kasir ke toko retail melalui internet. Pemilik toko retail serta siapa pun bisa mengakses dari manapun.

Tidak ketinggalan, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi berskala nasional  juga telah menerapkan teknologi cloud melalui Telkom Cloud pada program Telkom VPS dan Telkom Collaboration yang mana hal ini lebih diarahkan pada para pelanggan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Bagaimana Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Cara Kerja Sistem Cloud Computing
Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Teknologi cloud computing dalam bekerja mempergunakan internet sebagai server untuk pengolahan data-data. Dengan teknologi ini pengguna akan login ke internet yang telah terhubung dengan program dan selanjutnya menjalankan aplikasi yang diperlukan tanpa perlu lagi bagi pengguna untuk melakukan instalasi. Media penyimpan data serta instruksi pengguna akan tersimpan secara virtual melalui jaringan internet, selanjutnya data-data  atau instruksi akan dilanjutkan menuju server aplikasi. Setelah instruksi diterima oleh server maka dilanjutkan pemrosesan data dan pada akhir proses akan disajikan halaman yang sesuai dengan instruksi pengguna.

Anda bisa melihat adanya Email misalnya Gmail atau Yahoo. Data-data pada beberapa server diintegrasikan secara global sehingga pengguna tak perlu lagi mendownload software ketika ingin menggunakannya. Yang dibutuhkan hanya koneksi internet karena data-data seluruhnya telah dikelola secara langsung oleh Google dan Yahoo. Software serta memori data pengguna tidak terdapat dalam komputer namun  berhubungan langsung lewat sistem cloud dengan komputer yang terkoneksi internet.

Demikian penjelasan mengenai mengenai manfaat cloud dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *