Pengertian Layanan Cloud IaaS dan Keuntungannya

Cloud IaaS

Cloud computing merupakan perpaduaan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan yang berbasis pada internet. Pada saat ini terdapat 3 jenis layanan cloud computing secara umum, yakni:

Cloud IaaS
Cloud IaaS
  • laaS (Infrastructure as a Service)

Layanan cloud IaaS Memberikan aspek dasar dari computing kepada user, antara lain storage, jaringan serta prosessor. Infrastruktur cloud model ini tergantung pada virtualisasi.

  • PaaS (Platform as a Service)

User diberikan platform sebagai pengembangan hingga implementasi sistem. Selanjutnya user membuat serta mengimplementasikan sistemnya. Tools untuk pengembangan biasanya tersedia dalam bentuk web application.

  • SaaS (Software as a Service)

Model ini memberikan sebuah aplikasi bisnis kepada user yang bisa diakses melalui web. User menggunakan sistem sewa aplikasi agar bisa mengakses fitur yang ada. Dan untuk mengakses lebih banyak fitur user bisa membayar biaya tambahan. Misalnya: Salesforce (customer relationship management), Google (Email, Google Doc), Yahoo (Email), dan Zoho (Collaboration Application).

Pengertian laaS

IaaS (Infrastruktur as a Service) jika diartikan menurut bahasa Indonesia adalah layanan infrastruktur komputasi awan. Layanan cloud IaaS biasanya terdiri dari satu paket perangkat hardware komputer berupa virtualisasi, dengan jaringan internet, dukungan alamat IP, bandwitch, keseimbangan beban, jaminan online secara realtime (koneksi ke internet secara kontinyu) serta keamanan pada ruang lingkup satu unit layanan IaaS. Provider umumnya menyediakan layanan dengan berbagai spesifikasi, yakni CPU, RAM serta Data Storage dalam bentuk virtualisasi.

Berbagai Keuntungan Menggunakan Layanan IaaS

keuntungan Iaas
keuntungan Iaas
  • Ecommerce

Kinerja yang cepat diperlukan ketika Anda memiliki bisnis online yang mana pelanggan akan sering berkunjung ke toko online Anda. Channel pelanggan online serta mobile merupakan salah satu komponen kunci berhasilnya bisnis Anda. Ketika terdapat kesalahan seperti penyalahgunaan data akibat minimnya keamanan maka bisa mengurangi kepercayaan konsumen dan sangat merugikan bisnis Anda. Untuk itu perlu bagi Anda bekerjasama dengan penyedia layanan cloud laaS yang handal yang bisa membantu transaksi data tetap aman dengan protokol keamanan terbaru serta adanya teknologi threat prevention. pch, keseimbangan beban, jaminan online secara

  • Hemat Biaya

Penggunaan layanan IaaS bisa menghapus biaya investasi serta pemeliharaan infrastruktur yang besar. Anda bisa mengambil keuntungan dari penggunaan IaaS dan konsumsilah resource yang Anda butuhkan.

  • Fleksible untuk Kebutuhan Enterprise

Jika Anda dapat bekerjasama dengan penyedia layanan cloud yang handal, maka Anda dapat memperoleh keuntungan untuk berbagai keperluan enterprise, antara lain bisa menjalankan aplikasi bisnis bahkan hingga tahap development serta pengujian. Misalnya: Aplikasi Bisnis, Aplikasi Cloud Computing, Enterprise Workload, Dev & Test, Online Hosting, dan sebagainya.

  • Analisis Data

Cloud IaaS dirancang untuk memanipulasi data. Penyedia layanan cloud membantu mencapai wawasan penting yang mendukung nilai dari data Anda. Adanya Internet Of Thing menjadi sesuatu yang sagat umum dalam kehidupan sehari-hari maka keamanan, keahlian serta bagaimana bagusnya sebuah organisasi akan mendapatkan nilai dari jumlah sensor data akan menjadi pembeda dengan yang laiinya.

Vendor IOT perlu memastikan bahwa mereka bekerja sama dengan partner yang mempunyai platform yang bisa mendukung infrastruktur dengan ketersediaan yang tinggi serta penyimpanan data secara aman dalam rangka keperluan mengumpulkan dan mengolah data dalam jumlah yang besar serta kemungkinan sering berubah.

Sensor pada IOT akan menjadi pembeda yang tidak begitu signifikan bagi vendor. Nilai didapat dari data yang ada, mengenai  mampu atau tidaknya partner dalam membangun analisis yang berguna. Dari perspektif analisis IOT tersebut, maka organisasi perlu mempertimbangkan mengenai bagaimana cara mengoptimalkan data dalam jumlah yang besar dari sensor.

  • Development dan Test Lebih Mudah

Dengan adanya data center di Indonesia, AS, Canada, Inggris, APAC serta Eropa maka pengembang  bisa membuat lingkungan cloud yang baru di tempat terbaik padasetiap aplikasi. Anda juga dapat dengan mudah mematuhi ketentuan ketersediaan data lokal. Direct Connect, pengembang mempunyai koneksi jaringan untuk data center melalui internet. Ini membuat test serta development aplikasi internal menjadi lebih mudah.

Layanan cloud IaaS merupakan layanan cloud computing yang berupa inftrastruktur yang meliputi hardware virtual, bandwitch, konektivitas internet secara realtime, dukungan IP address serta keamanan sistem operasi pada ruag lingkup IaaS. Layanan IaaS begitu penting  serta mendasar untuk penggunaan teknologi cloud. Untuk itu perlu bagi perusahaan utuk melakukan kerja sama dengan penyedia layanan IaaS yang handal serta terpercaya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *