Pengertian VPN dan Cara Kerjanya

VPN

VPN merupakan singkatan dari Virtual Privat Network. Sehubungan dengan pengertian VPN dan cara kerjanya akan segera dijelaskan. VPN adalah jaringan pribadi, artinya bukan untuk akses publik namun menggunakan media bukan pribadi (dalam hal ini contohnya adalah internet) untuk menghubungkan remote-site secara aman. Untuk menggunakannya, perlu diterapkan teknologi tertentu agar tetap aman, tidak tersadap oleh pihak lain meskipun i contohnya adalah medmemenggunakan media publik.

Fitur serta Fungsi Virtual Private Network

VPN
VPN

Penjelasan mengenai pengertian VPN dan cara kerjanya, VPN merupakan sistem yang memungkinkan sistem komputer jaringan luas tanpa adanya gangguan fisik. VPN mendukung fungsi anhtara lain akses remote klien, akses jaringan LAN satu menuju ke jaringan LAN lainnya serta dapat pula membuat fungsi pembatasan internet.

VPN dibuat dalam rangka memberikan akses khusus bagi karyawan yang dituntut untuk mobile karena VPN merupakan jaringan yang aktif sehingga karyawan suatu perusahaan yang dimaksud dapat selalu terhubung dengan jaringan internet dan intranet milik perusahaan.

Cara Kerja serta Fungsi Virtual Private Network

Fungsi Virtual Private Network
Fungsi Virtual Private Network
  • Virtual Private Network mendukung beberapa protokol antara lain PPTP, L2TP, SOCK serta IPSec. Protokol-protokol membantu cara kerja VPN dalam rangka memproses autentifikasi.
  • Virtual Private Network milik kliens bisa membuat sambungan serta mengidentifikasi orang-orang yang diberi tanggung jawab pada jaringan.
  • Jaringan Virtual Private Network juga dienkripsi serta enkapsulasi data sehingga akan meningkatkan keamanan. Enskripsi serta Enkapsulasi data merupakan dasar dari Vrtual Private Network.
  • Virtual Private Network saat ini juga membuka akses untuk koneksi jaringan WiFI serta jaringan nirkabel pribadi.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Virtual Private Network

  • Users bisa mengirimkan serta menerima data melalui jaringan bersama atau jaringan publik seolah-olah perangkat komputasi users terhubung secara langsung ke jaringan pribadi. Keuntungan yang didapat adalah berupa keamanan serta manajemen kebijakan dari jaringan pribadi (private network).
  • Virtual Private Network memungkinkan para karyawan untuk dapat mengakses intranet perusahaan dari luar kantor secara aman. VPN juga dapat menghubungkan kantor yang berjauhan yakni dengan cara menciptakan suatu jaringan yang akan selalu terhubung untuk komunikasi data serta suara.
  • Teknologi Virtual Private Network juga dipergunakan oleh users internet pribadi untuk mengamankan transaksi nirkabel mereka. Selain itu juga bisa menghindari sensor dari pemerintah terhadap pemblokiran website dengan cara terhubung dengan proxy server dengan tujuan melindungi identitas serta lokasi. Misalnya ketika users ingin melakukan sosialisai di Reddit.Com yang sesungguhnya tidak perlu tindakan pemblokiran oleh pemerintah, maka users bisa syaratkan Reddit.Com untuk colocation server ke salah satu data center Indonesia yang mempunyai kemampuan up-time sepadan tierIV.
  • Users dapat mengganti IP asli dengan IP anonim. Caranya, dengan menyembunyikan IP asli dan menggantinya dengan IP server VPN. Artinya ketika user terhubung ke VPN, maka IP aslinya digantikan dengan salah satu IP milik server VPN. Misalnya IP Anda adalah IP Indonesia. Selanjutnya Anda mempergunakan VPN server Amerika maka IP Anda akan berubah dan Anda bisa mengakses situs yang terblokir di Indonesia. Selain itu IP asli Anda tetap anonim, bahkan ISP tidak dapat melacak Anda.
  • Dapat mengakses Website serta Apps yang telah diblokir. Contoh kasus adalah beberapa negara melakukan pemblokiran terhadap terhadap konten tertentu dan hanya warga negara tersebut yang bisa melihatnya. Untuk mengaksesnya Anda cukup menyamarkan IP Anda dengan IP negara tersebut maka Anda bisa bebas mengakses dengan hak yang sama dengan warga negara tersebut. Hampir sama kasusnya ketika Anda tidak bisa mengakses twitter di suatu negara tertentu karena twitter dilarang, maka untuk mengaksesnya Anda cukup menggunakan Virtual Private Network.
  • Dapat melindungi serta mengamankan data ketika menggunakan koneksi WiFi umum. Awas, berhati-hatilah ketika Anda menggunakan WiFi di tempat umum, misalnya di bandara atau restoran karena aktivitas anda bisa diawasi oleh siapa pun, maksudnya orang-orang yang bisa menyadap atau mencuri data penting anda. WiFi memang bukanlah jaringan yang aman namun dengan menggunakan Virtual Private Network, data Anda tetap aman.

Demikian mengenai pengertian VPN dan cara kerjanya, serta manfaatnya bagi users. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *