Penjelasan dan Informasi Data Center di Indonesia

Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia

Data center di Indonesia atau sering juga disebut pusat data merupakan fasilitas yang dipergunakan untuk menempatkan sistem komputer serta elemen-elemen yang berkaitan antara lain komunikasi data serta penyimpan data juga sistem operasi komputer yang terdapat di Indonesia.

Keuntungan yang bisa Anda peroleh apabila menggunakan layanan data center adalah adanya perlindungan server dari gangguan pemadaman listrik. Selain itu, manfaat yang lebih penting lagi adalah data center mampu menjaga data perusahaan Anda tetap aman.

Mendesain dan Merencanakan Data Center

Data Center planning
Data Center planning

Terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan ketika akan mendesain serta merencanakan data center di Indonesia atau pun di negara-negara lainnya, yakni pemilihan lokasi yang aman serta harus memenuhi syarat sipiil bangunan, harus memiliki suhu udara serta kelembaban tertentu, Terdapat sistem keamanan yang ketat, mempunyai sistem komunikasi data, dan terdapat minitoring lingkungan.

Data center memerlukan pasokan daya listrik yang sangat besar yang dipergunakan untuk proses komputasi yang berkelanjutan, yang mana ini masalah data center di Indonesia mengakibatkan permasalahan pada program hemat energi yang tengah berkampanye mencegah global warming.

Perencanaan data center akan membawa masalah di suatu negara yang pasokan listriknya terbilang kurang. Untuk itu perlu adanya data center yang ramah pada lingkungan, yaitu data center yang menggunakan fitur manajemen energi pada CPU, adopsi sistem cooling yang terbaik, dan selanjutnya menerapkan tindakan untuk mereduksi energi serta menonaktifkan peralatan data center yang berada dalam kondisi idle pada sebuah data center.

Memilih Layanan Data Center

Sebelum Anda menentukan pilihan untuk menggunakan layanan data center, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan keberadaan penyedia layanan data center memiliki alamat yang jelas baik pelayanan yang diberikan dalam bentuk offline maupun online.
  • Perhatikan fitur-fitur serta fasilitas yang disediakan, antara lain keamanan yang cukup ketat, maintenance yang dilakukan tiap saat, penyediaan ruang online menggunakan koneksi internet serta koneksi data yang bagus, dan lain sebagainya.
  • Pilih penyedia data center yang menyediakan fasilitas layanan data intranet supaya Anda bisa menyimpan data pada berbagai bentuk, termasuk bentuk soft copy.
  • Penyedia data center harus mempunyai jaringan operasi yang luas, karena semakin luas jaringan operasinya maka akan semakin mudah dalam mempergunakan layanannya.
  • Pastikan server Anda tersimpan pada lingkungan yang aman
  • Lokasi keberadaan colocation server terdapat di tempat yang aman serta strategis, artinya berada di tempat jauh dari area berbahaya misalnya perang atau bencana alam.
  • Pastikan layanan data center memberi jaminan bebas dari peretas sehingga data perusahaan Anda tetap aman.
  • Layanan data center memberikan optimasi dengan memberikan solusi infrastruktur data center dalam rangka meningkatkan kemampuan dari aplikasi serta aplikasi pusat data perusahaan.

Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia (IDPRO)

Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia
Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia

Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia didirikan pada 22 Juni 2016. Momen tersebut ditandai dengan adanya konferensi pers yang berlokasi di Gedung Menara Prima, Mega Kuningan, Jakarta. Berdirinya Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia (IDPRO) ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas data center di Indonesia untuk mendukung pemerintah serta pihak swasta dalam era digital economy (Hendra Suryakusuma, CEO Elitery Data Center & IT Managed Services).

IDPRO memiliki satu produk berupa Sertifikasi Data Center yang memberikan standar state-of-the-art pada suatu limgkungan infrastruktur teknologi informasi. Hal ini bertujuan untuk menyediakan suatu Standar Kualitas Nasional bagi seluruh data center yang ada di Indonesia.

Terdapat beberapa jenis keanggotaan pada IDPRO:

  • Perorangan dan Expert

Anggota perorangan serta expert bisa saling melakukan tanya jawab. Peringkat expert diberikan oleh anggota lainnya. Andggota perorangan maupun expert bisa memposting Curriculum vitae.

  • Korporasi

Anggota korporasi bisa mengirim White Paper untuk Sosialisai, Edukasi, serta bisa memperoleh Brand Awareness. Anggota bisa memposting bakat atau kemampuan yang diperlukan.

  • Vendor dan Provider

Anggota Vendor serta Provider bisa melakukan hal yang serupa seperti anggota Korporasi selanjutnya juga memperoleh lokasi promosi pada website IDPRO.

Demikian penjelasan dan informasi mengenai Data Center di Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *