Penjelasan Mengenai Arti Managed Service di Dunia Teknologi Informasi

Managed Service bagi Perusahaan

Meskipun sudah tergolong familiar, mungkin masih ada beberapa diantara Anda yang belum mengerti arti Managed Service di dunia teknologi informasi. Managed Service bisa diartikan sebagai sebuah layanan outsource atau dalam arti yang lebih luas adalah layanan yang dilakukan oleh perusahaan lain untuk melaksanakan rangkaian pekerjaan dalam pengawasan serta pengelolaan dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan yang menggunakan jasanya.

Peran Managed Service bagi Perusahaan

Managed Service bagi Perusahaan
Managed Service bagi Perusahaan

Perusahaan yang menyediakan jasa atau melakukan managed service disebut Managed Service Provider (Penyedia Layanan Pengelolaan Lengkap). Layanan ini diberikan dengan tujuan untuk memberi dukungan pada kinerja operasional IT di perusahaan lain yang bukan merupakan perusahaan IT.

Arti managed service di dunia teknologi informasi sungguh besar bagi perusahaan lain yang menggunakan jasanya. Managed service dapat memberikan dukungan secara menyeluruh demi kelancaran operasional IT perusahaan sehingga bisa terbebas dari gangguan hingga masa yang akan datang.

Managed Service diperlukan pada beberapa jenis perusahaan, antara lain pabrik, perusahaan logistik, perusahaan properti dan distributor. Diharapkan perusahaan-perusahaan tersebut bisa mengadopsi teknologi terbaru yang cocok dengan keperluan mereka serta bisa menunjang perkembangan usaha mereka lebih pesat tanpa adanya hambatan dari kegiatan operasional.

Jenis Layanan Managed Service

  • Hardware

Layanan ini merupakan pendukung infrastruktur IT, yang mencakup perencanaan strategis, penetapan perangkat IT jenis apa saja yang akan dipergunakan atau di upgrade atau yang harus dipertahankan, serta jasa perawatan perangkat infrastruktur IT.

  • Software

Ditujukan bagi perusahaan yang mana pada beberapa aplikasi di kantornya dianggap kurang mendukung kinerja pegawai-pegawainya. Maka dalam hal ini managed service bisa melakukan evaluasi hingga penggantian software, mengadakan aplikasi baru, serta meningkatkan aplikasi yang ada.

  • Konsultasi elak

Jasa untuk memberikan laporan, saran, ataupun pendapat yang bermanfaat bagi kelancaran operasional IT perusahaan.

Bidang-Bidang yang Membutuhkan Jasa Managed Service

  • Data Center Perusahaan

Memberikan layanan jasa manajemen data center, server storage network management, managed network service, mitigasi bencana serta perencanaan kelanjutan bisnis akibat bencana (Disaster Recovery Planning and Bussiness Continuity Planning Service), sampai pada platform manajemen yang bisa mengkonsolidasikan beberapa server perusahaan pengguna jasa menuju ke satu sistem yang bisa diawasi dan dikendalikan dengan mudah.

  • Security Service

Memberikan perlindungan (proteksi) dari gerbang awal jaringan hingga ke semua perangkat IT.

  • End User Management

Memberikan berbagai macam layanan, dari pengawasan aset IT yang mencakup hardware dan software, desktop management yang memberikan pengawasan ke semua perangkat yang digunakan oleh seluruh pegawai agar tidak terjadi gangguan, mengadakan aplikasi-aplikasi untuk memudahkan pegawai dan demi kelancaran operasional perusahaan  yang meliputi aplikasi kolaborasi, komunikasi internal perusahaan, email dan sebagainya.

Manfaat Managed Service bagi Perusahaan

Layanan Managed Service
Layanan Managed Service
  • Meningkatnya kinerja pegawai

Salah satu arti managed service di dunia teknologi informasi adalah dapat membantu meningkatkan kinerja para pegawai perusahaan. Anda bisa membayangkan jika dalam sebuah perusahaan memiliki 1000 pegawai dan kegiatan mereka sering terhambat 1 – 2 jam sehari, maka perusahaan tersebut telah mengalami pemborosan biaya sebesar 1000 – 2000 jam dalam sehari. Jika dikalkulasi dengan standar gaji UMR sebesar 3 juta sebulan dengan 9 jam kerja sehari maka pemborosan yang terjadi adalah sebesar 16 – 32 juta per hari atau 320 – 640 juta dalam sebulan. Maka hal ini juga bisa mencegah kerugian perusahaan.

  • Berkurangnya perjalanan dinas

Bagi instansi pemerintah, perjalanan dinas yang dilakukan oleh beberapa pegawai bisa membuat pemborosan keuangan. Maka adanya sistem komunikasi internal seperti panggilan suara atau video serta teleconference yang bisa dilakukan dengan lancar tanpa teganggu bisa mengurangi kegiatan perjalanan dinas.

  • Menurunnya kebutuhan pemeriksaan aset secara fisik

Dengan adanya sistem aset manajemen maka auditor perusahaan atau pun  pemerintahan bisa lebih mudah menyaksikan cukup melalui layar monitor. Hal ini bisa terjadi karena segala yang terdapat pada data terhubung secara elektronik. Ini tentu saja sangat menghemat waktu bagi para auditor serta manager ketika mereka perlu melakukan pengawasan aset IT.

Demikan besarnya arti managed service di dunia teknologi informasi sebagaimana penjelasan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *