Penjelasan Mengenai Keunggulan dan Kelemahan Sistem Jaringan Komputer

LAN

Jaringan komputer merupakan suatu kumpulan komputer, yang terdiri dari CPU, printer serta peralatan lainnya yang saling terhubung. Informasi serta data terhubung melalui kabel-kabel sehingga para pengguna jaringan komputer bisa melakukan akses dan saling bertukar informasi, data, maupun dokumen.

Setiap komputer yang dilengkapi dengan printer serta periferal yang saling terhubung dengan jaringan dikenal dengan nama node. Satu jaringan komputer bisa mempunyai puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan node. Jaringan komputer telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk melancarkan arus informasi dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Jaringan komputer memang sangat membantu kinerja perusahaan, dan berikut adalah keunggulan dan kelemahan sistem jaringan komputer:

Jenis Jaringan Komputer

Sebelum membahas mengenai keunggulan dan kelemahan jaringan komputer, terlebih dahulu Anda perlu memahami jenis-jenis jaringan komputer terbagi atas beberapa jenis seperti berikut ini:

  • Local Area Network (LAN)
LAN
LAN

Local Area Network tergolong jaringan milik pribadi yang tersedia dalam sebuah perusahaan, kampus, atau instansi yang hanya mencakup area sekitar beberapa kilometer saja. Local Area Network umumnya dipergunakan untuk menghubungkan komputer-komputer miliki pribadi serta workstation pada suatu perusahaan yang  memanfaatkan sumber daya yang sama (misalnya; printer) untuk saling bertukar data atau informasi.

  • Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network
Metropolitan Area Network

Metropolitan Area Network sesungguhnya merupakan Local Area Network dengan teknologi yang serupa namun memiliki kapasitas yang lebih besar. Metropolitan Area Network biasanya tidak hanya mencakup satu lingkup perusahaan saja namun juga bisa sekaligus mencakup beberapa perusahaan yang letaknya saling berdekatan. Metropolitan Area Network ini tidak hanya dimanfaatkan oleh perusahaan atau instansi namun juga untuk kebutuhan pribadi. Metropolitan Area Network tidak hanya mendukung data dan informasi saja namun juga suara serta bisa terhubung dengan jaringan televisi kabel.

  • Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network
Wide Area Network

Wide area Network merupakan jaringan komputer dengan cakupan wilayah yang lebih luas, menjcakup hingga satu wilayah negara bahkan beberapa negara. Wide Area Network terdiri atas kumpulan mesin-mesin canggih yang mempunyai tujuan melakukan program-program aplikasi users.

  • Internet / Global Area Network
Global Area Network
Global Area Network

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Networking, yakni suatu sistem global dari semua jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain mempergunakan Standart Internet Protocol Suite untuk memberikan pelayanan pada para pengguna si seluruh dunia.

Internet menghubungkan ribuan, bahkan milyaran komputer dari berbagai jenis serta jaringan yang mempunyai perbedaan sistem operasi maupun aplikasi. Internet dalam komunikasinya menggunakan Protocol Standart Protocol TCP/IP yang berupa komunikasi data teks, suara, gambar serta video.

  • Jaringan Tanpa Kabel (Nirkabel)

Jaringan tanpa kabel merupakan sebuah solusi untuk melakukan komunikasi yang mana tidak dapat dilakukan dengan kabel. Ketika koneksi kabel tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka jaringan tanpa kabel merupakan jalan keluarnya. Misalnya: komunikasi dalam pesawat terbang.

Jaringan tanpa kabel menggunakan satelit sehingga bisa memberikan kecepatan akses lebih baik daripada jaringan kabel. Contoh jaringan ini: Infrared Wireless LAN.

Berbagai Keunggulan serta Kelemahan Sistem Jaringan Komputer

  • LAN

Keunggulan

Lebih hemat dalam pemakaian kabel, transfer data lebih cepat karena cakupan wilayah yang tidak terlalu luas, serta tidak butuh operator telekomunikasi.

Kelemahan

Karena cakupan area yang sempit maka tidak efektif dalam melakukan komunikasi, artinya komunikasi serta akses data yang terbatas pada area tersebut.

  • MAN

Keunggulan

Lebih efisien dalam berkomunikasi, lebih mudah dalam melakukan bisnis serta tingkat keamanan yang lebih baik.

Kelemahan

Lebih banyak mengeluarkan biaya operasional serta perlunya peningkatan keamanan karena ancaman peretas dapat terjadi setiap saat.

  • WAN

Keunggulan

Dengan cakupan wilayah yang lebih luas, maka lebih mudah dalam menjalankan bisnis serta komunikasi antar beberapa negara.

Kelemahan

Biaya operasional yang dibutuhkan lebih banyak, lebih rawan oleh serangan peretas, serta memerlukan perawatan jaringan yang lebih besar.

  • Internet

Keunggulan

Dapat melakukan komunikasi, memperoleh informasi, serta melakukan bisnis dengan siapa pun di seluruh dunia. Penyebaran ilmu pengetahuan dan informasi begitu pesat dengan adanya internet. Internet mampu mengubah seluruh segi kehidupan manusia ke arah lebih baik.

Kelemahan

Adanya banyak kejahatan seperti penipuan, cybercrime, maraknya pornografi, serta transaksi barang-barang ilegal terjadi karena internet.

  • Jaringan Nirkabel

Keunggulan

Penggunaan jaringan nirkabel dinilai lebih praktis yang sesuai untuk pengguna dengan mobilitas tinggi .

Kelemahan

Transmisi data pada jaringan ini tergolong lambat jika dibanding dengan penggunaan jaringan dengan kabel. Selain itu penggunaan jaringan nirkabel perlu keamanan yang ketat karena bisa lebih mudah diterobos oleh pihak lain yang berada di luar jaringan.

Demikian penjelasan mengenai keunggulan dan kelemahan sistem jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *