Penjelasan Mengenai Pengertian Cloud Hosting dan Contoh Aplikasinya

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah hosting dengan sumber yang berasal dari beberapa server pada beberapa data center yang digabungkan dalam satu sistem komputasi awan untuk distribusi melalui jaringan internet. Namun pengertian cloud hosting dan contoh aplikasinya secara lebih terperinci akan digambarkan pada penjelasan berikutnya.

Pengertian Cloud Hosting

Cloud Hosting
Cloud Hosting

Sehubungan dengan pengertian cloud hosting dan contoh aplikasinya, cloud hosting merupakan cara pengelolaan terhadap beberapa sumber daya server serta sumber daya pendukungnya dalam rangka mengoptimalkan sistem pengantar daya ke pengguna sehingga akses menuju web ataupun aplikasi menjadi lebih stabil serta dapat diakses terus-menerus.

Dengan menggunakan sistem keamanan berlapis-lapis, dimulai dari pihak provider data center sebagai pemberi jasa colocation server hingga ke aplikasi maka akan terjamin kelancaran dalam memberi pelayanan pada pengguna.

Cloud hosting memungkinkan bagi  pengguna untuk melakukan pengelolaan beban puncak secara lebih mudah tanpa menghadapi gangguan kekurangan bandwidth serta dapat mengurangi terjadinya downtime ketika terjadi  gangguan kerusakan server karena sistem cloud hosting dapat berpindah ke sumber daya lain.

Data Center, Server Distribusi, Internet dan Users

Sebelum mempelajari pengertian cloud hosting dan contoh aplikasinya, Anda terlebih dahulu harus paham mengenai hal-hal berikut ini:

  • Data Center: Merupakan tempat untuk beberapa server milik provider data center ataupun milik perusahaan hosting yang hanya menempatkan servernya pada data center atau melakukan colocation server pada data center.
  • Server Distribusi: Server distribusi terdapat di perusahaan hosting yang berperan sebagai pengatur sumber daya yang disesuaikan menurut permintaan, meliputi sumber daya server serta bandwidth pada server pada fasilitas data center atau pun server pada perusahaan hosting tersebut.
  • Internet: merupakan jalur yang mengantarkan data ke semua pihak baik secara uplink data (data request) ataupun downlink data (data packet delivery)
  • Users: Users atau pengguna merupakan para pengakses website yang dilakukan melalui browser maupun aplikasi khusus seperti aplikasi iPhone, android, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Cloud Hosting

cara kerja cloud hosting
cara kerja cloud hosting

Pada setiap server di jaringan cloud hosting mempunyai suatu set tugas tertentu. Ketika terjadi gangguan  pada suatu server maka server yang lain  akan segera menggantkan server yang gagal dalam bertugas tersebut dengan cara menyediakan sumber daya yang dibutuhkan. Cara memastikan cloud hosting dapat berfungsi secara baik dibutuhkan hardware server yang memiliki kualitas tinggi supaya dapat menlaksanakan berbagai tugas dengan baik.

Keuntungan Mempergunakan Cloud Hosting

  • Bisa Berbagai Data

Para pengguna internet khususnya bagi meeka yang bekerja di perkantoran dapat berkolaborasi atau secara bersama-sama menggunakan aplikasi manajemen data, misalnya data sharing, work progress, project procurement, penjadwalan tugas, dan lain sebagainya, yang mana semuanya menjadi lebjih mudah dikontrol oleh manajer seghingga hal ini bisa menciptakan sistem manajemen baru, yaitu boundary less organization, artinya para pegawai tidak selalu harus berada di kantor untuk bekerja, namun mereka bisa bekerja dimana pun namun segala aktivitas kerja tetap dapat dikontrol oleh pihak manajemen.

  • Layanan Selalu Tersedia

Cloud hosting didukung oleh sistem virtual yang melakukan pengelolaan pada beberapa sumber daya termasuk memperoleh dukungan dari fasilitas data center. Maka dari itu dapat memberikan jaminan lebih atas suatu layanan yang berbasis cloud hosting sehingga dapat diakses oleh milyaran pengguna dalam waktu bersamaan.

Apabila terdapat satu sumber daya yang tidak bisa melakukan fungsi sebagaimana mestinya maka sistem virtual cloud hosting akan secara otomatis berpindah ke sumber daya lainnya yang bisa memberikan pelayanan (sistem Back up resource). Ini disebut Converged Infrastructure System.

  • Hemat Biaya

Cloud hosting memanfaatkan beberapa sumber daya serta dikelola menurut kebutuhan secara optimal, maka hal ini dapat mencegah pemborosan biaya. Kebutuhan pada saat sekarang dan kebutuhan yang akan datang bisa lebih dapat terukur dengan adanya sistem cloud hosting.

Contoh Aplikasi yang Mempergunakan Cloud Hosting

  • Layanan Musik Spotify menggunakan Cloud Hosting milik Google
  • Google Document
  • Perpustakaan Digital
  • E-Learning
  • E-Collaboration
  • Aplikasi usaha misalnya kasir online, Gojek, dan sebagainya
  • Aplikasi Fintech

Demikian penjelasan pengertian cloud hosting dan contoh aplikasinya. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *