Peran Konsultan Teknologi Informasi dalam Era Transformasi Digital

Konsultan Teknologi Informasi

Prediksi oleh para peneliti di dunia mengungkapkan bahwa Negara Indonesia pada tahun 2020 akan berkembang sebagai salah satu negara yang memiliki kekuatan ekonomi digital. Dengan pesatnya pertumbuhan data center di Indonesia yang keberadaannya didukung secara penuh oleh peraturan pemerintah maka investasi diperkirakan akan mencapai sekitar Rp. 11 triliun.

Seluruh sektor kehidupan bahkan pemerintahan  akan melakukan transformasi digital. Nah, di sinilah peran konsultan teknologi informasi dalam era transformasi digital akan terlihat begitu besar.

Transformasi Digital Bukan Hanya untuk Paperless (pengurangan penggunaan kertas)

Transformasi Digital
Transformasi Digital

Pada awalnya kami telah memahami transformasi digital dengan tujuan agar bisa mengurangi penggunaan kertas, sehingga seluruh data-data bisa berbentuk digital. Hal ini merupakan salah satu dari tujuan transformasi digital, artinya bertujuan paperless.

Dan kini arus budaya serta teknologi semakin berkembang dengan pesat, tujuan transformasi digital bukan hanya untuk paperless saja. Ada sebuah hal yang jauh lebih penting. Transformasi digital bertujuan untuk mengintegrasikan sistem secara menyeluruh tehadap beberapa sistem lainnya, mencakup seluruh sistem dalam lingkungan internal ataupun dalam sistem yang terdapat di pihak ketiga.

Sebagaimana pada pemerintahan yang mengelola antar instansi, maka perlu adanya  integrasi ke sistem lainnya secara penuh serta otomatis. Hal ini tentu saja bisa mengurangi kesalahan entri serta terjadinya pemborosan waktu, sehingga seluruh staff internal bisa lebih fokus pada pengembangan organisasi/instansi.

Peran Konsultan Teknologi Informasi

 Konsultan Teknologi Informasi
Konsultan Teknologi Informasi

Di era transformasi digital, perusahaan-perusahaan sibuk melakukan perancangan strategi untuk melakukan perubahan segala proses pekerjaan supaya segalanya menjadi paperless. Hal tersebut tentu saja perlu proses yang begitu mendetil serta terperinci. Hal ini adalah supaya seluruh proses dapat berjalan dengan lancar dan tidak berbenturan dengan operasional rutin sehari-hari yang harus terus berjalan.

Meskipun perusahaan Anda merasa yakin dapat melakukan transformasi digital, namun konsultan teknologi informasi dalam era transformasi digital tetap diperlukan agar seluruh perencanaan serta perancangan bisa berjalan dengan lancar dan hal ini untuk mencegah peristiwa downtime operasional pada saat proses tengah berjalan. Tidak bisa kita pungkiri bahwa peranan konsutan teknologi informasi demikian penting dengan berbagai langkah strategis yang disarankan untuk perusahaan Anda seperti berikut ini:

  • Mempelajari segala rangkaian proses pada sebuah organisasi sekaligus mengenal seluruh sistem informasi yang telah ada
  • Melakukan perumusan ulang pada perancangan sistem terhadap proses yang tersedia sebagai langkah penyederhanaan supaya organisasi makin cepat pada pelaksanaan pekerjaannnya.
  • Menyediakan fasilitas backup serta restore sebagai langkah pencadangan seluruh pekerjaan. Apabila perusahaan Anda telah mempunyai disaster recovey maka perusahaan Ada telah siap untuk ini.
  • Penggunaan sistem DevOps pada lingkungan virtual, yang mana yang terbaik adalah penggunaan platform kontainerisasi Docker.
  • Menciptakan berbagai otomatisai yang dibutuhkan pada pekerjaan-pekerjaan rutin.

Memilih Jasa Konsultan IT Terbaik

Dalam memilih konsultan teknologi informasi dalam era transformasi digital ini Anda perlu mengenalnya secara mendetail Pastikan Anda memilih konsultan yang memiliki multi keahlian yang dapat diandalkan, baik dari sisi teknologi maupun pelaporan.

Transformasi digital selain bertujuan untuk meningkatkan kinerja penjualan serta pelayanan juga bertujuan memberikan visibilitas. Suatu sistem disebut telah terintegrasi secara menyeluruh apabila mempunyai fitur-fitur yang bisa menampilkan bebagai visibilitas untuk manajemen dalam sekali klik.

konsultan IT
konsultan IT

Untuk itulah perlunya konsultan IT yang kreatif serta proaktif pada saat perancangan sistem.  Konsultan IT yang dimaksud selalu bisa up-to-date untuk melakukan semua itu yang mana akan bisa membawa perusahaan Anda lebih maju dengan bebagai inovasinya.

Konsultan IT yang terbaik memiliki fasilitas infrastruktur pendukung. Anda bisa melihat perbedaannya pada biaya serta layanan support yang ditawarkan. Selain itu perlu bagi Anda melihat kompetensi yang dimiliki serta pengalamannya.

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan ketika memilih konsultan IT karena pada dasarnya konsultan IT adalah mitra kerja Anda yang akan membantu kinerja perusahaan setiap waktu, menjaga downtime, meningkatkan sistem serta melaksanakan pengembangan demi kemajuan bisnis perusahaan Anda.

Demikian penjelasan mengenai peran konsultan teknologi informasi dalam era transformasi digital yang sangat penting untuk dipahami bagi Anda para pengusaha atau pelaku bisnis. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *