Tips Membangun Tim Keamanan Cyber

employee awareness

Bagaimana membangun Tim Keamanan Cyber yang kuat bagi perusahaan? Seperti kita tahu, berdasarkan fakta dari hari ke hari ancaman malware dan peretasan semakin meningkat. Jika tidak ditangani secara serius tentu bisa mengancam keselamatan data penting perusahaan.

Membentuk Tim Keamanan Cyber yang Kuat

Tim Keamanan Cyber yang Kuat
Tim Keamanan Cyber yang Kuat

Tim Keamanan Cyber merupakan tim yang terdiri dari orang-orang pilihan, yang memiliki keahlian khusus di bidang IT. Tidak semua orang bisa menjalankan profesi tersebut. Oleh karena itu seorang manager perusahaan harus cermat dalam membentuk tim keamanan Cyber rangka membangun tim keamanan Cyber perusahaan. Beberapa manager melakukan langkah praktis dengan cara menjalin kerja sama dengan pihak Outsourcing Keamanan Cyber.  Biasanya pihak Outsourcing telah memiliki orang-orang ahli di berbagai disiplin ilmu. Langkah ini terbilang cukup efektif karena pihak perusahaan tidak perlu melakukan tes masuk yang cukup menyita waktu. Pihak Outsourcing juga memberikan jaminan kualitas mengenai orang-orang yang direkrutnya.

Respon Aktif Terhadap Insiden

Semakin baik pemahaman seorang manager terhadap bisnis, maka semakin meningkat pula kesadarannya dalam membangun Tim Keamanan Cyber bagi perusahaannya. Sebagian besar perusahaan baru tersadar dan segera bereaksi jika telah mengalami serangan malware dan peretasan. Maka sebuah perusahaan dapat segera membentuk Tim Keamanan Cyber jika diindikasikan telah terjadi serangan. Datangnya serangan dapat terdeteksi melalui lensa Cyber Kill Chain atau Attack Chain.

malware detect
malware detect

Ketika terjadi peringatan awal terhadap datangnya ancaman, Tim Keamanan Cyber segera melakukan perburuan terhadap ancaman, dan penyelidikan pun segera dimulai. Berdasarkan penelitian yang diadakan oleh SANS Institute sekitar 87% perusahaan akan mulai melakukan penyelidikan terhadap ancaman. Meskipun merupakan ancaman yang membahayakan, namun para ahli IT biasanya tidak pernah menganggapnya sebagai ancaman namun merupakan suatu tantangan untuk penelitian mereka. Ahli IT akan menyusun hipotesa berdasarkan ancaman, analisis data, atau pun anomali.

Cara lainnya adalah dengan melakukan pelatihan. Tim membentuk grup penyerang dan grup  penahan serangan. Dengan kegiatan tersebut diharapkan tIm Keamanan Cyber menjadi lebih waspada ketika benar-benar terjadi ancaman/serangan dari pihak lain.

Gunakan Peralatan yang Tepat

Ketika berburu ancaman atau melakukan penyelidikan dibutuhkan peralatan yang tepat. Sebagian besar perusahaan mempergunakan peralatan yang tersedia untuk memburu ancaman, dan sebagian yang lain mempergunakan alat yang dapat disesuaikan, misalnya skrip. Hal ini berdasarkan laporan dari SANS Institute.

Investasi pada Visibility Network

Visibility Network
Visibility Network

Perusahaan tidak akan mampu menghentikan serangan yang tidak terlihat. Oleh karena itu bekerjalah secara terus-menerus dalam rangka mengembangkan visibilitas di seluruh lingkungan. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan pandangan yang menyeluruh serta inklusif terhadap lingkungan melalui scanning dan pemantauan.

Tegakkan Standar Keamanan

IT security
IT security

Kecerdasan terhadap serangan/ancaman merupakan hal yang sangat penting ketika harus membagi data dengan pihak ketiga yang dapat dipercaya. Apabila Anda berhubungan dengan pihak ketiga, apapun posisi Anda, tidak peduli apakah Anda sebagai penyedia data, penerima data, atau pun keduanya, maka penting bagi Anda untuk membangun pemahaman yang didokumentasikan dengan baik yang disesuaikan dengan standar.

Kenali Strategi Musuh

Tim Keamanan Cyber harus bisa mengenali strategi musuh dan memiliki pengetahuan mengenai peralatan yang digunakan. Selanjutnya Tim tidak hanya perlu tahu bagaimana menghadapi serangan/ancaman, namun juga perlu tahu bagaimana serangan tersebut bekerja.

Tingkatkan Kesadaran Karyawan

employee awareness
employee awareness

Langkah berikutnya adalah membangun human firewall pada perusahaan serta tanggung jawab keamanan yang dibebankan pada setiap orang/karyawan perusahaan. Berikan pemahaman pada karyawan bahwa datangnya ancaman/serangan dari pihak lain yang mengancam keamanan data perusahaan bukan hanya tanggung jawan Tim Keamanan Cyber saja, namun juga tanggung jawab semua orang yang menjadi bagian dari perusahaan.

Tim Keamanan Cyber perusahaan harus memiliki pemahaman lebih dari karyawan lainnya. Adanya Tim Keamanan Cyber yang kuat pada sebuah perusahaan akan membantu menangkal setiap ancaman/serangan yang dapat membahayakan data penting perusahaan. Tim tidak hanya menangkal ancaman/serangan malware atau pun peretasan saja, namun juga akan berusaha mengenali strategi serangan  agar serangan yang sama tidak terulang di masa yang akan datang. Untuk itulah perlu sekali upaya membangun Tim Keamanan Cyber dalam perusahaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *