Tips Memilih Colocation Data Center bagi Perusahaan Anda

Colocation Data Center

Colocation data center merupakan tempat khusus yang disediakan oleh layanan data center untuk penyimpanan data center. Setiap perusahaan ataui instansi tentu membutuhkannya. Lalu bagaimana tips memilih colocation data center bagi perusahaan?

Dalam memilih layanan penyedia jasa colocation data center perlu hati-hati dan harus dilakukan secara seksama karena colocation center merupakan tempat menyimpan data-data penting yang merupakan aset digital perusahaan. Pilih penyedia colocation data center yang menjamin keamanan serta memiliki kemampuan skalabilitas dan aksebilitas yang tinggi demi kelancaran operasional IT perusahaan.

Lokasi yang Aman

Colocation Data Center
Colocation Data Center

Salah satu tips memilih colocation data center adalah lokasi. Cari lokasi yang aman untuk colocation data center. Anda tentu telah mengerti bahwa semua perangkat IT adalah peralatan elektronik yang memerlukan listrik sehingga sangat rentan terhadap suhu yang tinggi. Jadi lokasi ideal untuk data center adalah wilayah yang sejuk, dan hindari wilayah perkotaan yang padat, misalnya kota-kota besar. Dan sebaiknya data center dilengkapi dengan sistem pendingin serta alat pengatur kelembaban udara.

Selain itu pertimbangkan pula bahwa lokasi data center harus aman dari bahaya serta bencana alam, seperti kerusuhan, banjir, gunung meletus atau gempa bumi. Sangat tidak layak jika data center terdapat di wilayah yang rawan banjir meskipun lokasi data center berada di bangunan bertingkat namun bagaimana pun infrastrukturnya tetap berada di lantai dasar yang mana terdapat genset, panel listrik, tangki air pendingin dan lain-lain.

Tingkat Keamanan Data Center

Tips memilih colocation data center selanjutnya adalah mengenai tingkat keamanan. Ketika akan menempatkan perangkat IT milik perusahaan, Anda perlu mempertimbangkan tingkat keamanan pada lokasi tersebut. Begitu pula halnya dengan data center. Anda perlu memilih lokasi yang benar-benar aman dari orang-orang yang tidak berkepentingan. Tidak semua orang bisa masuk ke ruangan data center kecuali para teknisi yang perlu melakukan perbaikan atau tim IT dan tim security yang perlu melakukan pemeriksaan pada data center.

Tingkat Keamanan Data Center
Tingkat Keamanan Data Center

Karena butuh pengawasan secara menyeluruh maka sebaiknya data center dilengkapi pula dengan sistem keamanan. Tim security juga harus melakukan kontrol setiap saat untuk mencegah aksi peretasan data-data penting.

Selain sistem keamanan data, Anda juga perlu memperhatikan sistem keamanan instalasi listrik di dalam ruangan maupun keseluruhan bagian yang terhubung ke panel listrik. Perhatian yang tak kalah penting juga pada sistem keamanan jaringan. Perlu adanya sistem firewall serta sistem anti virus yang harus di update secara rutin untuk menjamin akses data perusahaan Anda.

Data Center yang Handal

Pilih data center yang handal, yakni mempunyai sistem bangunan yang sesuai standar atau telah tersertivikasi. Selain itu juga telah dilengkapi dengan sistem pencegahan serta pengamanan dari berbagai bencana seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor serta kebakaran. Data center yang handal juga dilengkapi dengan fasilitas sistem pendingin ruangan serta sistem kelistrikan dengan daya listrik cadangan.

Skalabilitas

Pilih data center yang menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Perusahaan membutuhkan colocation data center pada saat sedang mengalami perkembangan dan tengah menghadapi persaingan. Pertimbangkan hal tersebut untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

Konektivitas Data Center

Konektivitas Data Center
Konektivitas Data Center

Menggunakan jasa colocation data center memberikan keuntungan besar bagi perusahaan karena penyedia jasa mempunyai kemampuan dalam menghubungkan semua perangkat pada ruang data center. Hubungan ini bisa memberikan nilai bagi bisnis perusahaan Anda. Dan sebelum menentukan pilihan, Anda perlu mempelajari mengenai pilihan konektivitas yang ada. Misalnya apakah  tersedia carrier-netral atau hanya terdapat satu provider dalam mengakses data? Jangan mengambil resiko dengan memilih layanan data center yang tidak menyediakan pilihan mengenai provider jaringan.

Staff IT Data Center

Untuk memberikan layanan terbaik, maka provider data center harus didukung dengan adanya staff IT yang handal, antara lain mereka perlu memiliki keahlian mengenai konfigurasi perangkat jaringan, sistem keamanan, dan sebagainya. Akan jauh lebih baik jika staff IT data center memiliki sejumlah sertifikasi IT, seperti Cisco Certified, Certified Ethical Hacker, Microsoft Certified Professional, Accredited Tier Specialist dan lain-lain.

Demikian mengenai tips memilih colocation data center untuk perusahaan Anda. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini tengah membutuhkan layanan jasa colocation data center.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *