Tips Memilih Jasa IT Managed Service dengan Benar

IT Managed Service

Saat ini banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan jasa IT Managed Service dalam melaksanakan bisnisnya. Bukannya tanpa alasan, menggunakan jasa IT Managed Service dapat membantu pengelolaan sarana IT perusahaan serta mengatasi berbagai masalah bisnis perusahaan yang sering terjadi dewasa ini.

Menggunakan jasa IT Managed Service memang menguntungkan bagi perusahaan, namun hanya apabila perusahaan dapat memilih provider jasa IT Managed Service yabng tepat. Bagaimana tips memilih jasa IT Managed Service yang tepat, simak yang berikut ini:

Keahlian dan Pengalaman

keahlian IT
keahlian IT

Salah satu tips memilih jasa IT Managed Service adalah melihat pada keahlian serta pengalaman mereka. Jasa IT Managed Service yang handal pastinya harus mempunyai keahlian yang melebihi standar tidak hanya sekedar pada pemeliharaan sistem operasi serta manajemen ketersediaan. Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tingkat keahlian mereka dalam manajemen perubahan yang erat hubungannya dengan skalabilitas serta anggaran investasi perangkat IT, pengelolaan database, virtualisasi, mobility, keamanan, teknologi cloud, beberapa teknologi jaringan serta beberapa platform.

Anda juga perlu mencari tahu mengenai sertifikasi keahlian yang mereka miliki dalam bidang IT. Apakah beberapa staf memiliki sertifikasi keahlian tertentu. Semakin banyak staf yang memilikinya maka semakin baik pula jasa IT Managed Service yang dimaksud.

Pendekatan Proaktif Berbasis Teknologi

Anda perlu mencari informasi apakah penyedia jasa IT Managed Service yang dimaksud  apakah mempunyai cara kerja dengan pendekatan proaktif yang fokus pada pencegahan masalah serta melakukan perbaikan secara terus-menerus supaya dapat memberikan hasil yang optimal pada lingkungan IT di perusahaan Anda.

Pendekatan Proaktif Berbasis Teknologi
Pendekatan Proaktif Berbasis Teknologi

Tips memilih IT jasa Managed Service adalah carilah IT Managed Service yang tidak hanya mempergunakan sistem pemantauan serta manajemen perangkat standar saja. Misalnya: Mereka sudah menggunakan tools teknologi canggih untuk melakukan analisa tingkat lanjut untuk mencegah downtime, menganalisa pola kerusakan dan selanjutnya memperbaiki serta meningkatkan area tertentu.

Standar Praktek Terbaik

Penyedia IT Managed Service yang baik telah menggunakan standar praktek terbaik pada industri teknologi informasi ketika mereka mengelola sumber daya IT para kliens. Praktek terbaik meliputi masalah, persediaan, kapasitas dan kinerja manajemen serta pelaporan yang memuat beberapa analisa yang bisa mengakomodir informasi untuk top level management.

Layanan Proses yang Konsisten, Manajemen Pengetahuan serta Visibilitas

IT Managed Service
IT Managed Service

Perusahaan penyedia IT Managed Service dibangun pada proses yang konsisten dengan kejelasan yang tertulis serta mempunyai metodologi yang baik dalam menyampaikan layanan mereka. Mereka juga harus bersedia berbagi contoh mengenai kebijakan dan proses dokumentasi serta memberikan penjelasan mengenai bagaimana replikasi pada beberapa area lingkungan sistem IT. Mereka juga harus mempunyai sistem manajemen pengetahuan serta sarana visibilitas layanan.

Mendukung bagi Lingkungan Multivendor

Penyedia jasa IT Managed Service harus mempunyai pengalaman pekerjaan pada lingkungan hybrid multivendor dan memiliki hubungan yang erat dengan vendor terkemuka. Ini untuk membantu memberikan kepastian mengenai kesanggupan mereka dalam rangka memberikan evolusi teknologi pada perusahaan Anda.

Adanya Perjanjian Tingkat Layanan Berbasis Kinerja (SLA)

Penyedia jasa IT managed Service harus mampu membuat komitmen yakni melakukan kontrak untuk memenuhi tingkat layanan yang Anda tentukan. Ini merupakan hal yang penting karena adalah sebuah keuntungan bagi perusahaan Anda bahwa tanggung jawab terhadap kinerja terletak pada pihak penyedia jasa IT Managed Service.

Portofolio yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Portofolio IT
Portofolio IT

Fleksibilitas dibutuhkan setiap perusahaan mengingat bisnis dan kebutuhan teknologi informasi di perusahaan Anda terus mengalami perubahan. Beberapa IT jasa managed service memberikan fleksibiltas tanpa menambah biaya. Mereka memberikan layanan solusi lengkap bagi kebutuhan perusahaan Anda, mulai dari infrastruktur IT hingga tahap pengelolaan.

Pelayanan Global yang Konsisten

Pilih jasa IT Managed Service yang mempunyai kemampuan global karena bisa mendukung perkembangan serta perluasan perusahaan pada masa ekonomi digital seperti saat ini. Kelebihan yang diperoleh antara lain implementasi yang lebih cepat pada tiap lokasi baru usaha Anda dan dapat mengelola fasilitas IT usaha Anda lebih efektif pada beberapa lokasi.

Mempunyai Pandangan Teknologi ke Depan dfan Mampu Melakukan Inovasi

Penyedia jasa IT managed service harus bisa memberikan kontribusi dan memiliki wawasan yang cukup demi kemajuan perusahaan Anda. Anda bisa mencari informasi mengenai keuntungan kompetitif yang bisa Anda dapatkan dari  hubungan kerjasama dengan mereka misalnya dengan fungsi penelitian serta pengembangan yang dimiliki oleh mereka. Selanjutnya Anda juga bisa melihat apakah mereka tengah memperluas ke segmen market lainnya? Hal ini bisa Anda jadikan tolak ukur apakah mereka cukup dapat diandalkan atau tidak.

Demikian mengenai tips memilih IT jasa Managed Service bagi perusahaan Anda. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *