Tips Memilih Jenis Kamera CCTV sesuai Kebutuhan

Kamera Outdoor

Kamera CCTV kini telah banyak digunakan, tidak hanya untuk keperluan perusahaan, perkantoran, instansi, pertokoan namun juga untuk keperluan pribadi yang dipasang di beberapa ruangan. CCTV memang sangat berguna untuk membantu sistem keamanan. Nah, untuk sebelum menggunakannya ikuti beberapa tips memilih jenis kamera CCTV sesuai kebutuhan berikut ini:

Perhatikan Budget Anda

Jenis Kamera CCTV
Jenis Kamera CCTV

Salah satu tips memilih jenis kamera CCTV sesuai kebutuhan adalah dengan memperhatikan budget yang ada. Apabila Anda hanya memiliki uang dalam jumlah yang minim atau pas-pasan maka pilihlah jenis kamera CCTV dengan resolusi rendah dan TVL rendah yang tentunya memiliki harga yang lebih terjangkau. Namun apabila budget Anda berlebih Anda bisa memilih kamera CCTV yang beresolusi tinggi dan TVL tinggi, bahkan Anda bisa memilih jenis kamera yang branded atau bermerk terkenal.

Berikut adalah beberapa jenis kamera CCTV yang bisa Anda gunakan sebagai perbandingan secara kualitas menurut kondisi keuangan;

1/4” CMOS/CCD Standard Image Quality, 380-420 TVL

1/3” CMOS/CCD High Image Quality, 480-520 TVL

1/3” CMOS/CCD Very High Image Quality, 540-600 TVL

1/3” CMOS/CCD Ultra High Image Quality, 650-700 TVL

Semakin tinggi TVL-nya maka akan semakin bagus dan tajam hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut. Kualitas dan resolusi gambar kamera CCTV kebih bagus daripada alat rekam (DVR).

Selain jenis kamera, Anda juga perlu tahu beberapa merk kamera CCTV, antara lain CCTV Honeywell Security, CCTV Bosch Security Systems, CCTV Hikvision Digital Technology, CCTV Safran, CCTV Assa Abloy, CCTV Dahua Technology, dan lain sebagainya.

Pemakaian Outdoor atau Indoor

Terdapat beberapa jenis kamera CCTV berdasarkan lokasi pemakaian untuk luar ruangan (outdoor) dan dalam ruangan (indoor).

  • Kamera Outdoor
Kamera Outdoor
Kamera Outdoor

Apabila kamera CCTV akan Anda gunakan di luar ruangan  maka Anda bisa pilih kamera yang bisa mereduksi sinar matahari. Selain itu pilih kamera yang memiliki jumlah LED infrared lebih banyak. Katakan pada penjual tujuan penggunaan untuk outdoor karena kamera CCTV outdoor sudah weatherproof (IP66/67) dan telah dilengkapi dengan pelindung yang disebut topi kamera agar tahan dari panas matahari maupun air hujan.

  • Kamera Indoor

Kamera indoor lebih bervariasi daripada kamera outdoor. Untuk memilihnya Anda harus menyesuaikan dengan ruangan yang akan dipasang kamera CCTV. Mungkin akan dipasang di plafon, tembok, terletak secara tersembunyi atau disamarkan dengan barang lainnya, semua itu Anda yang menentukannya.

Kamera Indoor
Kamera Indoor

Kini seiring berkembangnya teknologi sebagian besar kamera CCTV indoor telah dilengkapi dengan sistem infrared untuk memantau area yang gelap. Terdapat teknologi ICR (IR CUT Filter) yang akan berfungsi pada keadaan gelap atau tidak cahaya sama sekali. Cara kerjanya, kamera akan secara otomatis merubah warna gambar  menjadi hitam putih terang.

  • Dome Camera
Dome Camera
Dome Camera

Dome Camera merupakan salah satu jenis kamea CCTV yang dipasang khusus pada lokasi langit-langit rumah atau plafon. Kamnera jenis ini tidak bisa disatukan dengan rotator karena tidak adanya dudukan  rotator pada rotator kamera tersebut. Jika ingin memilih jenis kamera ini dan bisa berputar Anda bisa pilih jenis Pan Tilt Dome Camera CCTV.

  • Box Camera
Box CCTV Camera
Box CCTV Camera

Kamera CCTV yang satu ini memiliki keunggulan pada bagian lensa yang dapat diganti dan disesuaikan menurut kebutuhan. Juga terdapat berbagaipilihan ukuran lensa yang bisa dibeli secara terpisah. Semakin kecil ukuran lensa  maka akan semakin lebar pada view angle-nya . Sebaliknya, semakin besar ukuran milimeternya maka akan semakin sempit ukuran view angle-nya.

Garansi Produk

Tips memilih jenis kamera CCTV sesuai kebutuhan, jangan lupa untuk memperhatikan garansi produk. Kebanyakan kamera CCTV hanya bergaransi 1 – 2 tahun saja. Garansi produk merupakan hal penting untuk menjamin produk yang Anda beli. Jika Anda mendapati kamera yang memberikan garansi lebih dari 2 tahun, maka Anda harus mempertanyakan kualitasnya.

Demikian beberapa tips memilih kamera jenis kamera CCTV  sesuai kebutuhan yang perlu Anda perhatikan. Pada dasarnya setiap kamera CCTV memiliki kelebihan dan kekurangan. Perlu bagi Anda untuk melihat keterangan pada kamera tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *